Jabatan supervisor berperan besar dalam motivasi kerja serta produktivitas perusahaan. Bagi Anda yang sedang menjalankan proses rekrutmen jabatan supervisor, perhatikan keterampilan teknis dan nonteknis kandidat.
Pahami pula tanggung jawab jabatan supervisor agar Anda berhasil memperoleh kandidat yang mendukung kesuksesan tim dan perusahaan.
Mengenal Jabatan Supervisor & Tanggung Jawabnya
Supervisor adalah karyawan yang berada di bawah manajer langsung, yang berperan penting untuk mengawasi dan membimbing kinerja tim. Ia memiliki wewenang untuk membuat keputusan dan mengarahkan karyawan.
Posisi supervisor akan memastikan bahwa tujuan dan target perusahaan dapat tercapai melalui pengelolaan efektif terhadap anggota timnya. Mereka berada di garis depan dalam menjaga kinerja tim dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.
Setelah mengenal supervisor, maka Anda perlu mengetahui tanggung jawab yang perlu yang dijalankan oleh posisi tersebut. Berikut adalah beberapa tanggung jawab jabatan supervisor:
1) Mengelola alur kerja
Supervisor bertanggung jawab untuk mengelola alur kerja di tingkat operasional. Ia melakukan pembagian tugas dan memastikan bahwa setiap anggota tim bekerja sesuai prosedur perusahaan dan standar industri.
2) Melatih karyawan baru
Supervisor bertanggung jawab untuk melatih karyawan baru tentang kebijakan, prosedur, dan tugas, agar mereka dapat beradaptasi dengan peran serta lingkungan kerja baru. Supervisor harus memastikan anggota barunya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung tugas tim.
3) Mengatur jadwal tim
Supervisor harus mampu mengatur jadwal kerja timnya dan memastikan bahwa pekerjaan diselesaikan secara efisien. Mereka perlu menimbang ketersediaan sumber daya untuk mengatasi konflik jadwal yang mungkin timbul, sehingga produktivitas kerja tetap terjaga dengan baik.
4) Mengevaluasi kinerja tim
Supervisor harus mengevaluasi kinerja anggota timnya. Tanggung jawab ini memberikan umpan balik yang konstruktif, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merancang rencana pengembangan anggota tim agar mereka mampu menyelesaikan tugas secara optimal.
5) Mengidentifikasi peluang karier
Bagian dari tanggung jawab seorang supervisor adalah mengidentifikasi dan mengembangkan peluang karier anggota timnya. Ini dikarenakan supervisor lah yang paling sering berhubungan dengan para anggota tim. Ia wajib mendukung dan membimbing karyawan demi pertumbuhan profesional mereka.
6) Pelaporan kepada manajemen
Supervisor bertindak sebagai penghubung antara tim operasional dan manajemen tingkat atas, kadang dengan tim HR. Tanggung jawab ini mencakup pelaporan mengenai kinerja tim, tantangan yang dihadapi, kebutuhan pelatihan dan pengembangan terkait pekerjaan, dan segala perubahan yang memengaruhi tim operasional kepada HR dan manajemen.
Baca juga: Human Resource: Di Sisi Karyawan Atau Perusahaan?
Bagaimana Mencari Supervisor Andal?
Untuk mendapatkan supervisor yang andal, HR dan hiring manager perlu memperhatikan keterampilan dan pengalaman kerja kandidat yang relevan dengan kebutuhan perusahaan.
Beberapa keterampilan yang wajib dimiliki oleh kandidat supervisor, yaitu keterampilan untuk memimpin, manajemen, komunikasi, dan problem solving.
Selain itu, Anda dapat menggunakan platform pencarian tenaga kerja untuk mencari profesional dengan catatan kerja yang solid dan rekam jejak kepemimpinan yang kuat. Platform ini memiliki database yang lengkap dan luas tentang profil penggunanya yang dapat memudahkan Anda untuk menemukan jabatan supervisor yang tepat.
Terakhir, manfaatkan jasa head hunter atau recruitmen agency guna membantu menemukan kandidat potensial yang sesuai dengan peran. Recruitment agency memiliki konsultan untuk membantu perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen, termasuk menjalankan background checking.
Leave a Reply