area sales manager adalah HRPods

Mengenal Peran Penting Area Sales Manager Dalam Bisnis

Area sales manager adalah posisi yang penting dalam bisnis. Posisi ini memegang tim penjualan yang bertanggung jawab mengelola tim dan strategi penjualan.

Dalam bisnis, pemahaman mendalam tentang peran dan keterampilan yang dibutuhkan oleh area sales manager menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai target penjualan perusahaan.

Maka itu, penting bagi HRD untuk mengenali peran dari posisi ini.

Definisi Area Sales Manager

Area sales manager adalah profesional di bidang penjualan yang bertanggung jawab atas pengelolaan tim penjualan di wilayah tertentu atau kantor cabang.

Peran penting dan tanggung jawabnya adalah mengawasi dan menjalankan upaya penjualan untuk mencapai target perusahaan. 

Beberapa industri yang membutuhkan seorang posisi ini adalah ritel, manufaktur, dan layanan untuk memastikan efisiensi dan keberlanjutan operasional di area yang berbeda-beda.

Tugas Area Sales Manager Adalah

Berikut adalah beberapa tugas utama area sales manager:

1) Mengawasi tim penjualan

Area sales manager bertanggung jawab atas kinerja tim penjualan. Untuk membantu tim mencapai target penjualan, ia dapat mengelola, melatih, dan mengembangkan anggotanya.

2) Mengecek anggaran operasional

Area sales manager perlu memastikan bahwa anggaran operasional untuk penjualan di wilayahnya tetap terkendali dan tetap sesuai dengan bujet yang sudah ditentukan, mencakup alokasi sumber daya dengan efisien agar mencapai hasil optimal.

3) Merencanakan dan menjalankan promosi

Strategi pemasaran dan promosi adalah bagian integral dari peran ini. Area sales manager harus memiliki kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye promosi yang efektif.

4) Analisis data penjualan

Kemampuan untuk menganalisis data penjualan menjadi kunci. Dengan pemahaman mendalam tentang tren penjualan, ia dapat mengambil keputusan yang informatif dan strategis.

5) Menangani keluhan pelanggan

Memberikan pengalaman pelanggan yang baik adalah prioritas semua perusahaan. Area sales manager perlu memonitor layanan pelanggan dan menangani keluhan dengan cepat dan efektif.

Keterampilan Yang Dibutuhkan Oleh Area Sales Manager Adalah

Berikut beberapa keterampilan Area Sales Manager yang banyak dicari oleh perekrut:

  1. Organisasi: kemampuan untuk mengelola banyak informasi dan tugas dengan teratur
  2. Negosiasi: keahlian dalam bernegosiasi dengan pelanggan dan pihak terkait
  3. Komunikasi: kemampuan berkomunikasi yang baik, baik lisan maupun tertulis
  4. Delegasi: keahlian dalam mendistribusikan tugas dan tanggung jawab di antara anggota tim
  5. Leadership: kemampuan untuk memimpin dan menginspirasi tim mencapai hasil terbaik
  6. Memahami produk: pemahaman mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan
  7. Memahami proses penjualan: pengalaman dalam memahami dan mengelola proses penjualan dari awal hingga akhir
  8. Analisis pasar dan tren: kemampuan untuk membaca dan merespons terhadap perubahan pasar dan tren industri

Bagaimana Merekrut Area Sales Manager Sesuai Kebutuhan?

Proses rekrutmen area sales manager harus dilakukan secara cermat untuk memastikan kesesuaian keterampilan dengan kebutuhan perusahaan.

Tahap awal, perekrut akan menyeleksi CV dan mengevaluasi pengalaman, keterampilan, dan rekam jejak kandidat. Perekrut juga akan mengecek ketersediaan kandidat di talent pool yang sesuai kualifikasi perusahaan.

Untuk meningkatkan efektivitas rekrutmen, perusahaan dapat memanfaatkan jasa recruitment agency yang memiliki pengalaman dan jaringan luas untuk menemukan kandidat area sales manager terbaik di bidang dan industrinya.

Sebagai tambahan informasi, di bawah adalah contoh jobdesk dan persyaratan saat mau merekrut Area Sales Manager.

Peran Penting Area Sales Manager contoh jobdesk dari Gaweku

Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *