Ketika duduk di bangku kuliah, apakah Anda belajar tentang cara menulis surat lamaran kerja yang benar saat kuliah? Ada dosen yang mengajarkannya, tetapi ada pula yang tidak.
Sebagai fresh graduate yang ingin bekerja, Anda wajib memahaminya. Surat lamaran adalah dokumen penting dalam proses rekrutmen, karena perusahaan akan mengecek keterampilan dan latar belakang kandidat dari sana.
Berikut ini, cara menulis surat lamaran kerja yang benar yang perlu Anda pertimbangkan.
Apa Itu Surat Lamaran?
Surat lamaran adalah surat yang dikirimkan oleh calon karyawan untuk mengajukan permohonan pada posisi tertentu di sebuah perusahaan.
Salah satu tujuannya adalah memberikan penjelasan dan keyakinan kepada HR tentang pengalaman dan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat.
Selain itu, surat lamaran juga dapat digunakan oleh kandidat untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai aspek tertentu yang tercantum di CV, seperti jeda waktu yang lama dalam pekerjaan atau penurunan jabatan. Isi surat lamaran akan mencakup gambaran singkat mengenai diri kandidat, motivasi melamar pekerjaan, serta kualifikasi yang dimiliki.
Baca juga: Ini Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar
Bagi pencari kerja, membuat surat lamaran pekerjaan yang tepat merupakan kunci untuk membuka peluang menuju dunia kerja. Adapun caranya adalah:
1) Riset lowongan dan perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran, Anda perlu meriset lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan terlebih dahulu. Teliti dengan saksama tugas pekerjaan, dan persyaratan kandidat.
Jangan lupa untuk mengecek tentang perusahaan, mulai dari reputasi di situs pencarian kerja, budaya perusahaan, nama HR dan hiring manager, produk atau jasa, hingga prestasinya.
Semakin banyak informasi yang Anda ketahui tentang pekerjaan tersebut, maka akan semakin memudahkan untuk membuat surat lamaran.
2) Gunakan format profesional
Gunakan format profesional dalam penulisan surat lamaran, yaitu menggunakan bahasa formal dan format cv serta menuliskan informasi penting, seperti nama, nomor telepon, nama perusahaan, hingga nama perekrut, jika ada.
Mengingat saat ini, banyak surat lamaran yang dikirim melalui email, maka pilih format cv dengan prinsip applicant tracking system (ATS). Sistem ini memudahkan perekrut menilai cv kandidat dengan cepat.
3) Tulis posisi yang dilamar
Cara menulis surat lamaran kerja yang benar selanjutnya adalah mencantumkan posisi yang Anda lamar. Lalu, diikuti dengan menjelaskan dari mana Anda menemukan informasi lowongan pekerjaan tersebut.
4) Tulis kesesuaian keterampilan
Terakhir, jelaskan dalam surat bahwa keterampilan dan/atau pendidikan Anda sesuai dengan posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika perlu, lampirkan sertifikat, pengalaman kerja atau organisasi, hingga portofolio yang sesuai.
Artikel berikutnya: People Management: Keterampilan Wajib Bagi Karyawan Kanmo Group
Contoh Surat Lamaran Kerja
Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan referensi:
Jakarta, 1 Januari 2024
Hal: Lamaran pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT Aman Sentosa
Jalan Surabaya Nomor 19, Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang terpasang pada LinkedIn PT Aman Sentosa pada 31 Desember 2023, perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan pada posisi Digital Marketing. Dengan ini, saya ingin melamar pekerjaan sebagai Digital Marketing di perusahaan Bapak/Ibu.
Adapun data diri saya, sebagai berikut:
Nama : Muhammad Rifqi
Telepon : 089645678970
Email : rifqi0617@gmail.com
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan beberapa dokumen yang dapat diperiksa:
- CV
- Resume kerja
- Ijazah terakhir
- Transkrip nilai
- Sertifikat digital marketing
- Surat rekomendasi kerja
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Ttd
Muhammad Rifqi
Leave a Reply