Brand manager adalah sebuah profesi yang berfokus untuk membangun, memelihara, dan mengarahkan citra sebuah jenama atau merek.
Perannya sangat penting di tengah persaingan sengit beragam produk atau layanan sekaligus perubahan bisnis. Apa perannya?
Brand manager adalah seseorang yang berperan membentuk persepsi konsumen agar selalu mengingat dan menggunakan produk yang dimiliki oleh perusahaan.
Bagi Anda yang sedang membutuhkan peran brand manager, cek artikel kali ini.
Berkenalan Dengan Brand Manager
Brand manager adalah penampilan depan perusahaan untuk merancang citra dan kesan merek di benak konsumen.
Tugas brand manager dalam perusahaan cukup banyak, termasuk menjaga nilai serta merancang strategi agar jenama berbicara dengan jelas dan efektif kepada pasar.
Ada beberapa tipe brand manager, tergantung pada perusahaannya. Sebut saja, corporate brand manager yang fokus membangun citra perusahaan secara menyeluruh.
Ada pula, product brand manager yang menyusun jenama untuk produk tertentu dan service brand manager yang membuat kesan jenama dari para konsumen pada layanan yang diberikan.
Apa Saja Tugas Brand Manager?
Beberapa tugas brand manager adalah sebagai berikut:
- Melakukan riset pasar
Brand manager tidak hanya memimpin, tetapi juga perlu mengamati perubahan pasar. Melalui riset pasar atau market research, mereka bisa memahami tentang perilaku konsumen, menganalisis tren industri, dan mengidentifikasi peluang yang dapat diimplementasikan untuk memajukan merek.
- Strategi brand positioning
Brand manager wajib memiliki pengetahuan mendalam tentang esensi dari jenama yang dimiliki oleh perusahaan.
Dengan menentukan brand positioning di pasar dan mengkomunikasikan nilai-nilai secara jelas, mereka memastikan bahwa brand memiliki tempat dalam benak konsumen.
- Menjalankan kampanye marketing
Brand manager adalah otak di balik kampanye marketing yang sukses. Ia dan tim akan membuat konsep, merancang strategi, mempromosikan, hingga menjalankannya secara konsisten. Hasilnya, kampenye tersebut mencapai target audiens dan berdampak positif.
- Mengelola tim
Umumnya berperan sebagai pemimpin tim marketing juga, brand manager harus memiliki leadership skill yang kuat. Mereka mengkoordinasikan berbagai disiplin ilmu, memotivasi, dan memastikan bahwa pekerjaan tim dapat mencerminkan visi untuk mencapai tujuan jenama.
- Bekerjasama dengan pihak lain
Brand manager bekerja dengan departemen lain seperti penjualan, produksi, dan distribusi untuk memastikan bahwa tujuan jenama sejalan dengan strategi bisnis secara menyeluruh.
Untuk lebih memudahkan pembaca dalam menyortir kriteria, cek contoh di bawah!

Apa Yang Diperhatikan Saat Merekrut Brand Manager?
Sebagai HR, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini saat merekrut brand manager:
#1 Pendidikan
Selain pendidikan formal, brand manager yang sukses sering mengejar pendidikan tambahan, seperti short course atau pelatihan khusus dalam pemasaran dan manajemen jenama. Hal ini bisa membantu mereka mendapatkan insight tentang dunia bisnis.
#2 Keterampilan
Brand manager membutuhkan keterampilan yang beragam, termasuk kemampuan komunikasi yang kuat, kolaborasi efektif, keahlian menulis dan storytelling, manajemen proyek, mengembangkan strategi, dan analisis data-driven.
#3 Rekrutmen internal vs. eksternal
Proses rekrutmen brand manager dapat dilakukan melalui rekrutmen internal, di mana HR mencari karyawan berpotensi di bidangnya, atau menjalankan perekrutan eksternal.
Namun, ada cara lain yang dapat Anda pertimbangkan, yakni menggunakan jasa headhunter. Dengan headhunter, perusahaan tak hanya memperoleh kandidat yang sesuai kebutuhan, tetapi mendapatkan informasi tentang tren hingga kondisi pasar tenaga kerja terkini.
Tips!
Menurut Siti Khairunisa, Recruitment Consultant Manager di salah satu perusahaan recruitment agency di Jakarta, penting juga bagi perekrut untuk memperhatikan poin di bawah ini saat mencari brand manager:
- Sesuaikan pengalaman di industri terkait dan cek portfolio proyek/campaign yang pernah dijalankan
- Mempertimbangkan achievement sebagai Brand Manager
- Melirik adanya people management skill
- Memiliki creative dan innovative thinking
- Mampu mengikuti tren bisnis terkait
Penutup
Itulah tadi ulasan mengenai peran Brand Manager untuk bisnis, dan tips merekrutnya. Meskipun tampaknya sulit untuk merekrut, dengan panduan di atas, semoga para HR dan pererkrut dapat menemukan brand manager yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Leave a Reply