Sebagai perekrut, apa saja tugas dan tanggung jawab accounting manager yang akan Anda perhatikan? Apakah Anda melihat keterampilan di bidang pengelolaan keuangan? Apakah ia memiliki rekam jejak positif dalam pengawasan setiap transaksi keuangan?
Mengingat posisi ini krusial terhadap kelangsungan bisnis, maka perekrut dan manajemen perlu mendeskripsikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai kebutuhan perusahaan. Menjalankan proses rekrutmen yang tepat membantu HR menemukan kandidat terbaik.
Mengenal Tugas Dan Tanggung Jawab Accounting Manager
Tanggung jawab
Accounting manager merupakan seorang “penjaga gawang” departemen akuntansi di perusahaan. Ia bertanggung jawab mencatat setiap transaksi keuangan yang berkaitan dengan penjualan, pembelian, pengiriman gaji, peminjaman, pemasaran, pinjaman, pelaporan pajak, biaya modal, dan biaya kecil.
Selain itu, accounting manager juga bertanggung jawab untuk membahas biaya operasional dengan manajemen. Misalnya, penggajian per bulan, alokasi anggaran, batasan pengeluaran, kepatuhan terhadap protokol keuangan.
Ia pun perlu menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan, seperti bank untuk mendapatkan kredit, menetapkan prosedur yang harus diikuti oleh tim sales, hingga merancang formulir penggantian biaya.
Tugas
- Memantau operasi akuntansi sehari-hari
- Merekrut akuntan dan anggota staf tim akuntansi serta melatih mereka praktik akuntansi secara berkala
- Mengelola akuntan dan staf lain yang bertanggung jawab atas transaksi yang berkaitan dengan penagihan, penjualan, penagihan, penggajian, dan persiapan anggaran
- Memantau kebijakan akuntansi internal dan membuat kebijakan baru sesuai kebutuhan
- Menentukan cara mengotomatiskan proses akuntansi tanpa mengorbankan akurasi
- Membuat laporan akuntansi berkala seperti laporan keuangan bulanan, triwulanan dan tahunan untuk manajemen
- Memelihara buku akuntansi yang diperbarui dalam penerimaan kas, hutang dan piutang, buku besar, penggajian, utilitas dan pengeluaran modal lainnya
- Menyusun rekomendasi keuangan jangka pendek dan jangka panjang kepada manajemen berdasarkan status keuangan serta tujuan bisnis perusahaan
- Menyampaikan laporan seperti prakiraan pendapatan serta analisis varians pendapatan dan pengeluaran secara berkala untuk menghindari masalah likuiditas bagi manajemen
- Memantau pengeluaran pajak, memastikan pembayaran pajak perusahaan tepat waktu, dan menyerahkan laporan pajak kepada pemerintah
- Mengaudit secara berkala dan bekerja sama dengan lembaga audit untuk menghilangkan ketidaksesuaian serta memastikan laporan secara tepat
Baca juga: 8 Tugas General Manager Ini Dukung Peningkatan Karier
Kiat Menjajaki Karier Sebagai Accounting Manager
Untuk menduduki posisi accounting manager, seseorang harus membuat fondasinya selepas sekolah menengah atas, yaitu:
Pendidikan
Perjalanan karier dimulai dari pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Seseorang harus menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dengan jurusan akuntansi, akuntansi keuangan, atau perbankan dan keuangan.
Sertifikasi
Setelah itu, ia dapat melanjutkan ke jenjang S2 atau mengambil sertifikasi profesi. Langkah tersebut memudahkannya untuk mendapatkan pekerjaan.
Pekerjaan pertama
Ketika melangkah ke dunia kerja, fresh graduate akan memulai dari peran akuntan. Setelah beberapa tahun, ia mendapatkan pertumbuhan karier dengan menjadi senior accountant, assistant manager, dan akhirnya accounting manager.
Keterampilan
Seorang accountant wajib menguasai keterampilan teknis di bidangnya, sementara keterampilan nonteknis yang perlu dimiliki antara lain:
- Leadership: mengelola tim, workflow, dan fasilitasi permintaan
- Time management: memonitor semua transaksi tepat waktu, mendelegasikan tugas ke tim, memiliki strategi mitigasi, dan menangani financing contingency
- Komunikasi: berinteraksi dengan tim, departemen lain, dan pemangku kepentingan, negosiasi, penyelesaian konflik, berkolaborasi dengan pihak lain
- Integritas: menetapkan kebijakan dan prosedur pencatatan transaksi keuangan, mempraktikkan praktik akuntansi dengan jujur, dan menunjukkan nilai-nilai yang menginspirasi tim bekerja secara etis
Artikel selanjutnya: People Management: Keterampilan Wajib Bagi Karyawan Kanmo Group
Bagi perusahaan, merekrut accounting manager termasuk keputusan besar. Anda tak hanya memperhatikan soal keterampilan teknis saja, tetapi rekam jejak kariernya, termasuk integritas dan etika kerja. Jika perusahaan salah memilih peran ini, ada kemungkinan kebocoran keuangan yang tidak diinginkan.
Salah satu cara memperoleh accounting manager berintegritas dengan menggunakan jasa recruitment agency, karena mereka membantu klien untuk melakukan background checking kandidat.
Leave a Reply