Kecerdasan emosional di tempat kerja tidak kalah penting dari kecerdasan intelektual. Khususnya, saat ini.
Di tengah ketidakpastian ekonomi, performa bisnis jadi mudah goyah. Itu menimbulkan kekhawatiran bagi pekerja hingga memengaruhi tingkat stres mereka. Di saat seperti inilah kecerdasan emosional lebih dibutuhkan untuk menjaga produktivitas pekerja.
Stres kerja tinggi yang tidak dikelola dengan baik bisa berpengaruh pada kondisi seseorang. Pada tingkatan yang sedikit parah, bisa merusak hubungan profesional dan pribadi sekaligus.
Simak ulasan berikut.
Manfaat Jadi Master Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja
Terlepas dari statusnya di dalam sebuah organisasi, karyawan adalah seorang individu. Mereka memiliki kehidupan di luar kehidupan kerja, juga memiliki masalah di luar masalah di luar pekerjaan.
Hal tersebut bukan hal yang aneh. Namun, akan berubah menjadi sebaliknya jika masalah yang menimpa karyawan mengganggu produktivitas kerja dan relasi dengan orang-orang di sekitarnya.
Di sini lah kecerdasan emosi harus memegang kendali.
Kecerdasan emosional menggambarkan kapasitas seseorang untuk mengenali dan mengontekstualisasikan emosi mereka dan emosi orang lain.
Konsep ini berasal dari Teori Kecerdasan Majemuk yang dikembangkan Dr. Howard Gardner di 1980-an. Teori ini menyatakan bahwa setiap orang memiliki kapasitas intelektual dalam berbagai bentuk yang berkorelasi dengan atribut tertentu, seperti musik atau atletik.
Kemudian, Daniel Goleman membantu membentuk pemahaman kita tentang kecerdasan emosional dengan berfokus pada dua bentuk intelektual teoretis Gardner:
- Kecerdasan Interpersonal – Mendeteksi dan merespons suasana hati, motivasi, dan keinginan orang lain
- Kecerdasan Intrapersonal – Sadar diri dan selaras dengan nilai, keyakinan, dan pemikiran sendiri
Jadi, kenapa kecerdasan emosional penting bagi bisnis dan organisasi?
Dalam “Future of Jobs Survey 2020” yang dikeluarkan World Economic Forum, mereka memprediksikan kecerdasan emosional akan menjadi salah satu top skills yang dibutuhkan bisnis di 2025 mendatang.
Penelitian lain menunjukkan mengapa para eksekutif ingin karyawan mereka memiliki kecerdasan emosional di tempat kerja. Berikut ini statistiknya:
- Studi dari UC Berkeley menetapkan bahwa kecerdasan emosional 4x lebih baik dalam memprediksi kesuksesan seseorang dibandingkan pengukuran IQ.
- Rata-rata, mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi mendapatkan penghasilan lebih banyak dibandingkan mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah.
- Ketika melihat kinerja terbaik di perusahaan, 90% dari mereka memiliki skor kecerdasan emosional yang lebih tinggi.
- Sebuah studi internal oleh PepsiCo menemukan bahwa manajer yang memiliki kecerdasan emosional yang lebih kuat mampu mengungguli target pendapatan tahunan hingga 20%.
Kecerdasan emosional penting dimiliki oleh pemimpin untuk bisa mengelola karyawannya lebih baik. Namun, peran kecerdasan emosional bagi organisasi tidak berhenti sampai di situ.
EI yang diterapkan di dalam perusahaan bisa berdampak ke berbagai praktik kerja, seperti:
- Membantu pemimpin menginspirasi pekerjaan yang baik dengan memahami motivasi orang lain.
- Mendorong keterbukaan individu dan menghindari banyak jebakan pemikiran kelompok.
- Memberdayakan para pemimpin untuk mengenali dan bertindak berdasarkan peluang yang mungkin tidak disadari oleh orang lain.
- Membantu penyelesaian konflik dengan cara yang adil dan seimbang.
- Menghasilkan semangat kerja yang lebih tinggi dan membantu orang lain dalam memanfaatkan potensi profesional mereka.
Contoh Kecerdasan Emosional Di Tempat Kerja
Melansir blog Valamis, ada lima contoh EI yang bisa kita temui di tempat kerja, yaitu:
- Adanya feedback konstruktif, bukannya kritik pribadi dan perilaku yang menolak input dari orang lain.
- Mendukung rekan kerja dengan mengenali emosi mereka dan bekerja sama untuk mengurangi stres di dalam divisi/tim.
- Tetap tenang dan produktif di bawah tekanan.
- Membantu menyelesaikan konflik yang muncul di antara anggota tim.
- Menciptakan tempat kerja di mana orang bebas mengekspresikan diri secara terbuka.
Selain itu, contoh lain dari kecerdasan emosional di tempat kerja antara lain:
- Berkomunikasi secara efektif, ini melibatkan juga kemampuan mendengarkan dan sikap empati yang baik.
- Mampu memberikan respon positif terhadap ide dan/atau strategi baru, berlaku juga saat menerima tantangan atau kondisi genting lainnya.
- Bersikap fleksibel, tidak membiarkan proses kerja stuck.
- Bersosialisasi, karena dengannya, seseorang dapat kesempatan untuk mengenal rekan kerja yang lain.
- Memberikan support untuk rekan kerja, bisa dengan pemberian apresiasi maupun dukungan moral saat diperlukan.
Penutup
Kecerdasan emosional tidak kalah penting dari kecerdasan intelektual. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai survei dan penelitian di seluruh dunia.
Soft skill ini tidak terbatas dimiliki oleh jajaran pemimpin. Organisasi Anda akan mendekati titik ideal jika seluruh karyawan dibiasakan untuk mengelola kecerdasan emosional ini. Hal ini demi menjaga produktivitas seluruh elemen perusahaan.
Leave a Reply