Sebagai HR, Anda pasti sering menjumpai cv fresh graduate. Pasalnya, ada posisi yang membutuhkan lulusan baru atau keterampilan mereka sedang dibutuhkan oleh perusahaan.
Namun, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh HR ketika menyeleksi cv lulusan baru?
Bagaimana Bentuk CV Fresh Graduate?
Umumnya, cv fresh graduate memiliki bentuk yang sama dengan jenis CV lain. Namun, HR harus lebih jeli melihat cv mereka untuk memperoleh kandidat yang sesuai kriteria.
1) Menggunakan format yang sesuai
Ketika melamar pekerjaan, pencari kerja harus menggunakan format cv yang sesuai, yaitu mencantumkan pendidikan, keterampilan, dan proyek yang pernah ditangai. Cek pula, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
2) Membuat CV sesuai dengan kaidah
Bagaimana kaidah membuat cv bagi lulusan baru? HR akan melihat kata kunci yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilamar, menggunakan gaya bahasa formal, serta menggunakan desain yang profesional dan sederhana.
HR Akan Melihat 7 Hal Ini Di CV Fresh Graduate
Pada dasarnya, HR tidak akan memilih cv kandidat berpengalaman atau lulusan baru. Meski demikian, HR akan melihat cv lulusan baru yang layak untuk maju ke proses berikutnya.
1) Menyoroti pendidikan dan prestasi
Jika dihadapkan dengan CV fresh graduate, perhatikan apakah pendidikan dan prestasi yang dimiliki oleh individu tersebut relevan dengan pekerjaan yang dilamarnya.
2) Pengalaman magang
Jika fresh graduate tersebut mencantumkan pengalaman magang yang dimilikinya, maka lihat apakah hal tersebut masih sejalan dengan pekerjaan yang dilamar.
3) Pengalaman ekstrakurikuler
Jika menemukan fresh graduate tanpa pengalaman, maka lihat pengalaman ekstrakurikuler yang pernah diikutinya selama kuliah. Hal ini dapat membuktikan bahwa dia aktif berkegiatan dan bersosialisasi dengan pihak lain.
4) Pengalaman terlibat proyek
Selain melihat pengalaman ekstrakurikuler, Anda juga bisa melihat apakah individu tersebut pernah terlibat suatu proyek, baik di dalam atau di luar kampus. Perhatikan peran dan tugasnya dalam proyek itu.
5) Pengalaman bekerja sukarela
Jika pelamar memiliki pengalaman bekerja sukarela atau volunteering, hal itu dapat menjadi indikasi bahwa dia ingin melakukan kegiatan bermanfaat bagi sesama, menambah pengalaman, hingga memperluas jaringan yang berguna dalam dunia kerja.
6) Memiliki cover letter
Cover letter merupakan surat pengantar yang tercantum saat seseorang melamar pekerjaan. Jika mereka memiliki cover letter atau summary, lihat secara jelas mengenai tujuan mereka melamar pekerjaan tersebut.
7) Informasi yang jelas
Ini bukan mendorong pencari kerja untuk menuliskan semua data pribadi. Namun, HR lebih menyukai jika pelamar mencantumkan informasi nomor telepon, email, pendidikan yang jelas. Informasi ini akan digunakan oleh HR untuk menghubungi pelamar yang maju ke tahap selanjutnya.
Penutup
Sebagai HR, Anda akan dihadapkan dengan beragam cv, baik yang ATS friendly atau terlihat tidak profesional dari segi bahasa dan tata letak.
Untuk menghadapi hal ini, Anda perlu memerhatikan segala informasi yang dicantumkan oleh pelamar. Mulai dari pendidikan,keterampilan, serta pengalaman selama kuliah.
Jika kualifikasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Anda bisa langsung menghubunginya untuk hadir dalam sesi interview kerja.
Leave a Reply