Manajemen pemasaran menjadi elemen kunci dalam kemajuan bisnis. Mereka bertugas untuk mengenalkan produk ke pasar luas, sehingga banyak konsumen dapat menjangkaunya.
Dalam tugas tersebut, selain membutuhkan peran divisi pemasaran, perusahaan pun membutuhkan tim HR.
Tim Anda berperan merekrut dan mengembangkan karyawan pemasaran guna membawa bisnis menuju tujuan perusahaan. Bagaimana kolaborasi divisi pemasaran dan tim HR?
Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran
Menurut Buchari Alma, manajemen pemasaran merupakan kegiatan merencanakan, mengarahkan, dan mengawasi seluruh aktivitas pemasaran produk perusahaan yang dilakukan oleh tim.
Fungsi manajemen ini adalah mengidentifikasi peluang di pasar, merancang strategi, melakukan market research, mengembangkan produk, hingga melaksanakan promosi.
Tim juga akan mengevaluasi dan memantau hasil kinerja kegiatan. Mereka memastikan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
Dengan pemahaman yang mendalam tentang target dan tren pemasaran, tim berkontribusi pada keberhasilan produk atau layanan perusahaan di pasar yang kompetitif.
Sedangkan, ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi beberapa elemen kunci dalam strategi bisnis perusahaan.
Mulai dari analisis pasar dan kompetitor, perencanaan produk dan harga, pengembangan kampanye pemasaran, serta manajemen distribusi dan penjualan. Pemasaran juga akan melibatkan pengelolaan merek dan berhubungan dengan pelanggan.
baca juga: 7 Tahap Mengaplikasikan Struktur Organisasi
Kolaborasi Antara Divisi Pemasaran & Tim HR
Perusahan memerlukan kolaborasi antara divisi pemasaran dan tim HR dalam pencapaian kesuksesan pengelolaan jenama yang efektif.
Bukan melibatkan tim HR dapat pemasaran langsung, tetapi melalui pemilihan kandidat yang tepat guna mendukung kinerja tim pemasaran. Berikut ini proses kolaborasi keduanya:
#1 Proses rekrutmen
Salah satu tugas tim HR adalah memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan.
Dalam hal ini, Anda akan menjalankan proses rekrutmen kandidat sesuai kebutuhan tim pemasaran. Setelah itu, tim HR dan pemasaran memberikan pelatihan bagi karyawan baru dalam bidang pemasaran luring maupun daring.
Ketika merekrut kandidat yang bersinergi dengan nilai perusahaan, secara tidak langsung Anda mendapatkan pelanggan melalui manajemen pemasaran.
#2 Memasarkan budaya perusahaan
Tim HR dan divisi pemasaran perlu memastikan bahwa nilai dan budaya perusahaan terintegrasi dalam upaya pemasaran serta hal itu tersampaikan ke tangan konsumen. Misalnya, melakukan employer branding dan Anda atau tim menjadi pembicara di seminar, webinar, dan konferensi.
#3 Manfaatkan media sosial
Dengan strategi yang tepat, media sosial dapat meningkatkan efisiensi kinerja tim HR untuk menjangkau kandidat berbakat sekaligus memasarkan budaya perusahaan.
Tim pemasaran dapat berbagai insight tentang konten, isu, dan batasan di media sosial kepada HR. Termasuk konten yang paling banyak dilihat dan diberikan komentar oleh warganet.
Dalam era bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, peran manajemen pemasaran menjadi hal yang penting. Kolaborasi yang kuat dengan divisi HR juga merupakan faktor krusial untuk dapat membuat bisnis semakin dikenal luas.
Leave a Reply