Dalam lingkungan kerja, tanggung jawab dalam bekerja berperan penting bagi kinerja karyawan dan perusahaan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif.
Kondisi tersebut memerlukan dukungan tim HR guna membangun budaya perusahaan yang mengutamakan tanggung jawab kerja.
Memahami Tanggung Jawab Dalam Bekerja
Tanggung jawab dalam bekerja merupakan upaya karyawan menyelesaikan seluruh pekerjaannya.
Mereka harus mematuhi seluruh kebijakan dan prosedur perusahaan sebaik-baiknya. Mereka juga dituntut memiliki akuntabilitas dan integritas dalam bekerja.
Akuntabilitas merujuk pada tanggung jawab seseorang atas tindakan dan siap menerima konsekuensinya. Sedangkan, integritas mengacu pada landasan tanggung jawab dan akuntabilitas.
Tim HR dan manajer yang mampu memahami tanggung jawab kerja karyawan dapat:
- Melihat karakter
- Mengamankan posisi
- Menunjukkan akuntabilitas
- Membangun kepercayaan
Contoh Tanggung Jawab Di Lingkungan Kerja
Beberapa contoh tanggung jawab karyawan di lingkungan kerja adalah:
- Mengakui kesalahan
- Menghargai ke rekan kerja
- Masuk kerja tepat waktu
- Selalu mengikuti rapat
- Bersikap jujur kepada setiap orang
- Fokus bekerja dan menghindari gangguan
- Bertanggung jawab terhadap setiap tindakan
- Mengajukan pertanyaan untuk memahami situasi
Tanggung Jawab Juga Penting Dari Sisi Perusahaan
Tanggung jawab dalam bekerja tidak hanya dibebankan kepada karyawan, perusahaan pun memilikinya. Jika perusahaan tidak menjalankan tanggung jawabnya, seperti membayar upah karyawan tepat waktu dan memberikan jaminan kerja, maka akan berdampak negatif pada:
- Tidak ada moral kerja
- Karyawan mudah stres
- Tingkat produktivitas karyawan menurun
- Pendapatan perusahaan menurunkan
Cara Mengelola Karyawan Yang Tidak Bertanggung Jawab
Jika Anda menemukan karyawan tidak bertanggung jawab dalam pekerjaan, maka cara ini dapat menjadi referensi untuk mengelola mereka.
- Mengingatkan karyawan tentang tanggung jawab yang dimilikinya
- Membicarakan masalah yang sedang dihadapi oleh karyawan secara empat mata
- Menanyakan karyawan tentang cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki perilakunya
- Jika perilaku karyawan tidak kunjung berubah, maka Anda dapat memberikan sanksi dan tindakan perbaikan lainnya
Penutup
Tanggung jawab dalam bekerja berperan penting dalam lingkup profesional, baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan.
Jika perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap karyawan, maka produktivitas karyawan, moral kerja, serta pendapatan perusahaan akan menurun. Begitu juga sebaliknya.
Dorong pula manajer untuk lebih memperhatikan dan mendengarkan anggota timnya tentang kendala dan masalah dalam pekerjaan. Bantu pula mereka untuk mendapatkan insight penyelesaian masalah.
Leave a Reply