soft skill hard skill

Menilai Soft Skill & Hard Skill Di Proses Rekrutmen

Dalam proses rekrutmen, Anda harus mengevaluasi hard skill dan soft skill untuk mendapatkan karyawan yang sesuai.

Saat memiliki karyawan baru, biasanya perusahaan harus memiliki pemahaman yang baik tentang keterampilan yang perusahaan cari dari kandidat.

Namun, perusahaan sering sangat fokus pada hard skill yang dimiliki kandidat dan tidak terlalu fokus pada soft skill, meskipun karyawan yang berpengetahuan luas memiliki kedua keterampilan tersebut.

Seorang karyawan dengan keterampilan teknis yang tinggi belum tentu berhasil dalam pekerjaan kecuali mereka juga memiliki soft skill seperti kemampuan bekerja dengan baik dalam tim.

Soft Skill Vs. Hard Skill

Soft skill adalah kemampuan interpersonal seseorang, yaitu keterampilan orang yang dibawa karyawan untuk berkomunikasi. Skill ini merupakan kualitas tak berwujud yang dicari oleh pemberi kerja saat mereka membawa anggota tim baru ke perusahaan.

Seorang karyawan yang ahli dalam hal teknis di bidangnya tetapi tidak memiliki soft skill untuk bekerja dengan baik dengan orang lain kemungkinan besar tidak akan bermanfaat bagi perusahaan.

Soft skill juga lebih beragam daripada hard skill. Berikut beberapa contohnya:

  • Keterampilan komunikasi yang efektif
  • Mampu mengekspresikan empati untuk masalah rekan kerja
  • Kesadaran diri dan kemampuan untuk membaca situasi
  • Mampu bekerja sama dengan baik dalam tim
  • Fleksibilitas untuk mengambil tugas dan merangkul perubahan rencana
  • Kualitas kepemimpinan
  • Kemampuan untuk mengelola waktu secara efisien
  • Memiliki etos kerja yang solid dan konsisten
  • Perhatian terhadap detail

Sedangkan hard skill sering kali lebih terlihat nyata dari kedua jenis keterampilan yang ada.

Anda biasanya dapat mengukur produk kerja yang dihasilkan dari kemampuan hard skill, misalnya, kandidat mengetahui program komputer atau tidak.

Berikut adalah beberapa contoh hard skill:

  • Kemampuan untuk mengetik sejumlah kata per menit
  • Pengetahuan tentang program komputer atau keterampilan yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi
  • Kemahiran dalam bahasa asing
  • Kemampuan menjalankan mesin atau sistem yang memerlukan pelatihan umum bagi operator
  • Analisis data
  • Kemampuan untuk membuat desain grafis
  • Didukung dengan gelar tertentu, sertifikasi, lisensi, atau penghargaan yang diakui industri terkait

Artikel terkait: Penggunaan Assessment Tools Dalam Proses Rekrutmen

Bagaimana Soft Skill & Hard Skill Bisa Membangun Tim?

Penelitian menunjukkan bahwa 54% perusahaan percaya bahwa mereka mengelola skill gap yang signifikan yang secara langsung berdampak pada kinerja organisasi mereka secara keseluruhan.

Mengelola tim Anda secara aktif untuk keseimbangan yang sehat antara keterampilan keras dan lunak sangat penting untuk perusahaan Anda mencapai tujuannya.

Banyak organisasi, besar dan kecil, menggunakan berbagai alat penilaian keterampilan untuk mendapatkan pembacaan yang akurat tentang kemampuan individu dan keahlian saat anggota tim baru dipekerjakan.

Data dari TalentLyft menunjukkan bahwa 82% pengelola bisnis menggunakan beberapa alat/metode penilaian keterampilan.

Memastikan bahwa Anda memiliki keahlian teknis yang diperlukan dalam tim Anda adalah penting. Namun, begitu juga memiliki pemimpin, manajer proyek, dan fasilitator yang tepat di tim Anda.

Pengorganisasian kelompok harus menjadi prioritas yang sama dengan pengorganisasian proyek itu sendiri dan tugas-tugas yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Artikel terkait: Skill Test: Alasan & Rambu-rambu Penggunaannya Dalam Rekrutmen

Skill Karyawan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan

soft skill hard skill assessment tools

IrishJobs.ie, salah satu perekrut terbesar di Irlandia, meminta pemberi kerja untuk mengidentifikasi keterampilan utama yang mereka inginkan untuk dimiliki pelamar kerja.

Hasilnya, IrishJobs.ie mampu menyaring lebih dari 9.000 keterampilan yang paling dibutuhkan di berbagai pekerjaan dan sektor.

Selama tiga tahun terakhir, keterampilan yang paling banyak diminati adalah :

  • Komunikasi
  • Penjualan
  • Manajemen proyek
  • Layanan pelanggan
  • Teknik
  • Konstruksi
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Administrasi
  • ACCA (Association of Chartered Certified Accountants)
  • Keuangan
  • IT
  • Akuntansi

Keterampilan karyawan dan implementasinya

Kerja tim terkait erat dengan keterampilan komunikasi, dan itu mencakup kesadaran diri dan kemampuan untuk memahami dinamika tim dan tipe kepribadian yang berbeda, kata Lorigan, CEO SaonGroup.

Berkenaan dengan perhatian terhadap detail, setiap tim yang berfungsi membutuhkan setidaknya satu orang dengan tingkat ketelitian dan akurasi untuk menyelesaikan tugas, memastikan jadwal terpenuhi dan informasi akurat dan konsisten dengan angka yang tepat.

Kepemimpinan dalam tim adalah tentang pengambilan keputusan, resolusi konflik dan kemauan untuk mengawasi dan mengambil kepemilikan.

Menurut dia komunikasi adalah keterampilan utama yang diinginkan pengusaha. Karena meskipun Anda bekerja dari jarak jauh, Anda harus bekerja dengan tim rekan kerja, pemasok, atau pelanggan.

Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan baik, hubungan akan rusak dan itulah sumber masalah dan konflik nomor satu dalam situasi kerja.

Secara praktis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik berarti mampu mendengarkan dan menyerap informasi, bertanya dan mendengarkan jawaban, berinteraksi dengan santun dan jelas, serta menyampaikan pesan.

Skill yang dibutuhkan perusahaan di masa depan

Peningkatan keterampilan tenaga kerja adalah salah satu tren HR 2021 yang signifikan.

Penggunaan praktik upskilling sangat luar biasa, karena membantu organisasi mendiversifikasi keterampilan tenaga kerja mereka dan menghadapi tantangan yang datang dari pasar bakat eksternal, tren digitalisasi, dan sebagainya.

Ada beberapa keterampilan yang diinginkan perusahaan di masa depan, yaitu :

  • Literasi digital
  • Analisis data
  • Visualisasi dan eksplorasi data
  • Pengetahuan tentang strategi pembelajaran dan menerapkannya dalam praktik
  • Penyelesaian masalah
  • Negosiasi dan penalaran
  • Berpikir kritis
  • Manajemen waktu
  • Agility

Baca juga: Decision Making Skill: 4 Alasan Perlu Memilikinya

Cara Interview Soft Skill Vs. Hard Skill Kandidat

Selain apa yang Anda cari di resume, pertanyaan wawancara dapat Anda gunakan untuk menguji keahlian kandidat dan atribut lainnya sangat penting untuk menentukan siapa yang paling memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan Anda.

HR sering menggunakan penilaian keterampilan untuk soft skill dan hard skill untuk mengukur kemampuan kumulatif dan rangkaian keterampilan karyawan saat ini.

Tes-tes ini juga dapat membantu Anda mengukur apakah seorang kandidat memiliki atribut untuk melakukan pekerjaan dengan berhasil.

Interview dan asesmen hard skill

Cara yang paling dapat diandalkan untuk menilai hard skill adalah dengan menggunakan tes penilaian keterampilan yang banyak digunakan yang membahas tugas-tugas khusus industri atau pekerjaan.

Keahlian ini lebih mudah untuk dinilai dengan cara biner. Ini adalah beberapa tes penilaian hard skill yang umum:

  • Penilaian keterampilan komputer
  • Tes sampel kerja
  • Tes kemampuan kognitif
  • Matematika dasar atau penilaian menulis

Interview dan asesmen soft skill

Tahap penilaian terbaik untuk soft skill adalah selama proses wawancara. Kembangkan pertanyaan yang memungkinkan Anda mengekstrak informasi yang Anda butuhkan.

Anda dapat menemukan contoh pertanyaan wawancara secara online untuk membantu Anda menilai soft skill dan atribut kandidat pekerjaan.

Indeed Career Guide menyarankan teknik tanggapan wawancara STAR. Anda dapat menggunakannya sebagai panduan untuk pertanyaan-pertanyaan yang efektif untuk diajukan kepada pelamar:

  • Situation: Bagikan keadaan tentang situasi yang Anda hadapi di tempat kerja dan tantangan unik yang dihadapinya.
  • Task: Diskusikan keterlibatan Anda dalam situasi tersebut dan bagaimana perasaan Anda.
  • Action: Uraikan bagaimana Anda merespons pada awalnya dan tindakan apa yang memecahkan atau menenangkan masalah. Apakah Anda melibatkan orang lain? Jika demikian, mengapa?
  • Result: Jelaskan hasil dari tindakan Anda. Perilaku apa yang ada (oleh Anda dan orang lain yang berkontribusi pada hasil)? Apakah ada data (statistik, angka penjualan, dll.) yang menunjukkan hasil Anda positif dan menciptakan jalan ke depan?

Pertanyaan STAR membantu mencari jawaban kandidat yang lebih spesifik untuk pertanyaan wawancara dengan tanggapan dunia nyata.

Penutup

Pandemi membuat berbagai jenis pekerjaan baru dan membuat posisi pekerjaan lama menjadi lebih terlihat usang.

Sebagai HR dari perusahaan, mengikuti perubahan ini akan membantu para pemimpin mencari keterampilan dan pekerjaan di masa depan.

Mungkin hari ini Anda dapat fokus pada soft skill, namun adanya hard skill untuk pekerjaan di masa depan juga perlu diperhatikan.

Maka dari itu, penting bagi HR untuk mempertimbangkan semua jenis keterampilan yang dimiliki kandidat.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *