Apa pun jenis dan skala industri atau produk dan jasa bisnis, digital marketing dapat membantu perkembangan perusahaan. Pasalnya, saluran pemasaran digital mudah diakses oleh pelanggan.
Tak sedikit perusahaan menggunakan strategi digital marketing untuk berkomunikasi kepada calon pelanggan mereka. Bahkan mereka dapat mengatur biaya pemasaran secara fleksibel di ranah digital.
Ruang Lingkup Digital Marketing
Digital marketing merupakan praktik memasarkan produk atau layanan bisnis melalui situs, aplikasi, media sosial, dan sarana digital lain hingga mengukur dampaknya melalui perjalanan pelanggan.
Praktik ini melibatkan banyak prinsip yang sama seperti pemasaran tradisional, di mana perusahaan mendekati calon dan pelanggan serta memahami perilaku mereka. Ada kalanya, perusahaan menggabungkan strategi pemasaran tradisional dan digital dalam perencanaan bisnis.
Adopsi internet
Awalnya, perusahaan berfokus pada pemasaran melalui media cetak, televisi, dan radio. Pada 1990-an, digital marketing mulai populer seiring dengan adopsi internet yang semakin meluas.
Sejak perkembangan teknologi serta kehadiran media sosial, perusahaan berusaha menemukan cara lain untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi. Bahkan mereka dapat melacak data dan menyampaikan pesan yang sangat spesifik kepada pengguna media sosial.
Keberhasilan pemasaran digital tak lepas dari keterampilan dalam bidang periklanan dan penjualan. Perusahaan dapat memanfaatkan digital marketing specialist internal atau menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjalankan marketing campaign mereka.
Kenapa pemasaran digital itu penting?
Mengingat pemasaran digital memiliki banyak jenis, maka perusahaan dapat bereksperimen membuat konten dan memanfaatkan tools sesuai bujet. Namun, hal ini tergantung tujuan bisnis.
Praktik pemasaran ini sangat penting bagi perusahaan, karena menjangkau calon pelanggan lebih luas dibanding metode tradisional. Lebih-lebih, perusahaan dapat menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan mereka.
Adapun alasan perusahaan menggunakan pemasaran digital, yakni:
- Lebih dapat melibatkan pelanggan pada setiap konten
- Lebih hemat biaya dibandingkan pemasaran tradisional
- Lebih mudah untuk beradaptasi dan mengubah strategi pemasaran
- Fokus prospek yang paling memungkinan untuk membeli produk atau layanan
- Pemasaran digital terukur sehingga meningkatkan kualitas prospek dan konversi
Saluran pemasaran digital
- Media sosial
- Content marketing
- SEO
- SEM
- Pay per click
- Affiliate marketing
- Email marketing
- Inbound marketing
- Sponsored content
- Mobile marketing
Artikel terkait: Pentingnya Social Media Marketing Bagi HRD
Keterampilan Yang Dibutuhkan Menjadi Digital Marketing Specialist
Bagi perekrut yang sedang mencari peran digital marketing (DM) specialist, pertimbangkan untuk menyaring kandidat yang memiliki beragam keterampilan digital atau multi-skilled. Ia harus memiliki keterampilan teknis dan nonteknis yang berhubungan dunia pemasaran serta teknologi.
Berikut ini keterampilan yang wajib dimiliki oleh kandidat DM specialist:
1) Menulis
Mempelajari keterampilan menulis sangat penting bagi mereka yang bekerja di bidang pemasaran. Karena konten di web dan media sosial membutuhkan keterangan berupa rangkaian kalimat. Setidaknya, kandidat yang melamar sebagai spesialis mampu menggunakan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa yang baik dan benar.
2) Pembuatan video
Membuat video pendek yang menyoroti fitur produk atau layanan akan menarik lebih banyak perhatian calon pelanggan. Mereka memiliki wawasan lebih dalam jika melihat tutorial video dibanding hanya membaca caption saja. Meskipun seorang DM tidak harus menguasai pembuatan video, tetapi keterampilan dasar pembuatan dan pengeditan video menjadi nilai plus.
3) SEO
Mengunggah konten–terutama artikel–tanpa prinsip SEO dapat meninggalkan kesia-siaan. Praktik SEO akan mendatangkan lalu lintas organik ke situs perusahaan dan membangun kepercayaan pelanggan.
Agar pembaca dapat menemukan artikel tersebut, DM specialist perlu menerapkan strategi SEO, seperti meriset keywords, tag, tautan internal dan eksternal, hingga menganalisis performanya di SEO tools.
4) Media sosial
Media sosial semakin beragam, begitu pula dengan penggunanya yang makin berkembang. Data Statista menunjukkan bahwa pengguna media sosial mencapai 4,7 juta pada 2027.
Dengan angka tersebut, tak heran jika perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Peran DM specialist bukan menjadi admin medsos, tetapi memahami cara membuat konten yang atraktif, konten melibatkan pelanggan, cara bercerita, tren atau masalah yang sedang dibicarakan oleh pengguna, kampanye pemasaran, hingga matriks pengukuran berbagai platform.
5) Ads
Advertising (ads) menjadi keterampilan wajib bagi digital marketing specialist, karena konten tanpa iklan kurang mendapatkan perhatian dari calon pelanggan. Seorang spesialis DM harus memahami keterampilan Google dan Facebook ads, termasuk mengembangkan kampanye iklan dan memahami matriks pelacakannya.
Artikel selanjutnya: Recruitment Marketing: Alasan Tim HR Perlu Memahaminya
6) KOL marketing
Ketika sebuah jenama kesulitan meningkatkan pengikut di media sosial, DM specialist sering kali memanfaatkan jasa key opinion leader (KOL) atau influencer. Mereka memiliki ribuan hingga jutaan pengikut setia untuk mendorong mereka membeli produk dan layanan perusahaan, sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.
7) Data analysis
Digital marketing ialah bidang pemasaran yang terukur, karena Anda dapat melacak performa situs, media sosial, email marketing, dan influencer dengan penggunaan data analysis. Bahkan Anda dapat menganalisis konversi atau penjualan yang berasal dari saluran tersebut dapat dilihat di matriksnya serta bereksperimen dengan strategi lain.
8) Kreativitas
Menonjolkan produk atau layanan perusahaan perlu kreativitas tim pemasaran dalam unggahan di media sosial, blog, video, dan infografis. Melalui kreativitas, iklan Daily Twist milik Oreo menjadi viral pada 2012 meningkatkan share lebih dari 280% dengan 433 juta penayangan di Facebook.
9) Empati
Terampil berempati dapat memahami dan membangun kepercayaan target market dalam customer journey. Jika Anda memahami masalah mereka dan bersedia menyelesaikannya, mereka dengan senang hati membentuk hubungan yang kuat dengan produk atau layanan. Bila perusahaan memiliki produk atau layanan sesuai kebutuhan pelanggan, mereka akan semakin terlibat pada kampanye pemasaran.
10) Komunikasi
Komunikasi adalah kunci dalam semua bidang, termasuk pemasaran digital. Karena keterampilan komunikasi berfungsi untuk menyampaikan pesan jenama kepada calon pelanggan secara jelas dan akurat. Selain itu, DM specialist harus mampu berkomunikasi dengan anggota tim melalui pertemuan tatap muka maupun virtual agar mendukung tujuan bisnis.
Di pasar tenaga, perekrut akan menjumpai kandidat DM yang terampil. Ketika berencana merekrut DM specialist, pastikan keterampilannya sesuai kebutuhan perusahaan. Karena setiap perusahaan dan industri memiliki kebutuhan berbeda.
Leave a Reply