Project management adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah perusahaan.
Jika tidak menerapkannya terhadap bisnis yang dijalaninya, maka perusahaan akan kesulitan mencapai tujuan dengan tepat waktu.
Untuk mengoptimalkan setiap proyek yang sedang dikerjakan, perusahaan wajib menerapkan project management.
Definisi Project Management Adalah
Project management adalah metode yang dapat membantu tim untuk merencanakan, mengelola, dan melaksanakan pekerjaan guna memenuhi persyaratan proyek perusahaan.
Tujuan project management adalah untuk mencapai tujuan proyek secara tepat waktu berdasarkan anggaran yang telah ditentukan dan persyaratan yang telah ditetapkan.
Menerapkan metode ini di tim Anda dapat menjadi kunci kesuksesan bagi perusahaan. Mengingat tim mengelola berbagai jenis proyek, baik yang sederhana maupun yang kompleks, sehingga membutuhkan perencanaan hingga pelaksanaan yang tepat.
Menurut PMI, perusahaan yang menerapkan project management cenderung lebih berhasil untuk memenuhi anggaran, menjaga keteraturan jadwal, serta memenuhi ruang lingkup, standar kualitas, dan manfaat yang diharapkan dari proyek yang sedang dijalankan.
5 Langkah Menjalankan Project Management Adalah
Berdasarkan hubspot.com, terdapat lima langkah untuk mencapai project management yang sukses, yakni:
1) Konsepsi dan inisiasi
Setiap proyek akan dimulai dengan konsepsi dan inisiasi. Pada langkah awal, Anda dan tim akan membahas ide menjadi rencana bisnis berdasarkan tujuan, identifikasi masalah, dan hal-hal yang dibutuhkan.
Dalam melakukan tahap ini, seluruh tim yang terlibat harus menjawab beberapa pertanyaan, termasuk:
- Apa tujuan dari proyek ini?
- Apa saja hambatan yang mungkin terjadi?
- Siapa saja pemangku kepentingan utama?
- Berapa anggaran untuk proyek ini?
- Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya?
2) Perencanaan
Langkah selanjutnya dari project management adalah manajer harus bisa mengembangkan rencana terperinci untuk melaksanakan, memantau, dan mengendalikan proyek.
Tahap ini dimulai dengan menetapkan tujuan dengan menggunakan metodologi S.M.A.R.T (specific, measurable, achievable, realistic, and timely) maupun C.L.E.A.R (collaborative, limited, emotional, acceptable, and refined).
3) Eksekusi
Dalam langkah ini, Anda dapat mulai mengimplementasikan rencana proyek, menetapkan alur kerja, memberikan tugas kepada anggota tim, dan memastikan mereka berada di jalur yang benar.
Manajer proyek harus memastikan para pemangku kepentingan dan tim tetap terlibat secara aktif selama proyek berlangsung.
4) Pemantauan dan pengendalian
Dalam pemantauan dan pengendalian, manajer proyek dapat bekerja sama dengan tim untuk menangani segala permasalahan yang muncul. Tahapan ini akan melibatkan pemantauan terhadap kemajuan proyek terhadap rencana dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.
5) Penutupan
Penutupan proyek adalah tahapan di mana manajer proyek menyerahkan hasil kerja kepada sponsor atau perusahaan untuk mendapatkan persetujuan. Tim proyek pun akan dibubarkan dan semua kontrak kerja berkaitan dengan proyek akan diakhiri.
Selama proses penutupan, manajer proyek perlu meninjau hasil akhir proyek serta mengumpulkan data yang berguna untuk proyek selanjutnya.
Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, project management adalah kunci kesuksesan bagi perusahaan, karena membantu pencapaian tujuan secara tepat waktu dan sesuai persyaratan.
Leave a Reply