Bisnis berkelanjutan bukan lagi konsep yang dinomorduakan, tetapi menjadi kebutuhan mutlak bagi kegiatan perusahaan yang berkesinambungan.
Untuk melakukan keberlanjutan bisnis, perusahaan memerlukan peran HRD dalam pembuatan strategi yang berhubungan dengan sumber daya manusia. HRD bersama manajemen juga harus menyelesaikan tantangan bisnis yang berubah cukup cepat.
Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Berkelanjutan?
Sustainable business atau bisnis berkelanjutan adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan mereka.
Konsep ini bertujuan untuk mencapai kesinambungan jangka panjang dengan memperhatikan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.
Bagaimana bisnis dapat berjalan secara terus-menerus? Indikatornya adalah perusahaan dapat mencapai tujuan dalam berbisnis, meningkatkan nilai dalam jangka panjang, dan memiliki konsistensi untuk mempertahankan pencapaiannya.
Dengan menerapkan bisnis berkelanjutan, maka perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat, yakni mendapatkan keuntungan, meningkatkan efisiensi, dan menjaga kelestarian alam.
Tantangan Menjalankan Bisnis Berkelanjutan
Menurut Santa Fe Institute, menjalankan konsep bisnis ini akan terdapat tantangan yang dapat menyulitkan perusahaan dalam peralihan menuju keberlanjutan, di antaranya:
- Perusahaan kesulitan memahami setiap dampak yang mungkin muncul
- Kesulitan menentukan peringkat dampak lingkungan dari beberapa kegiatan yang dilakukan
- Kesulitan memprediksi bagaimana para pelaku ekonomi merespons perubahan insentif
Cara HRD Mendukung Perusahaan Agar Berkelanjutan
Sebagai penengah antara perusahaan dan karyawan, HRD berperan penting untuk mendukung kegiatan bisnis agar berlangsung terus-menerus sekaligus memberi manfaat bagi khalayak.
#1 Merekrut karyawan yang sesuai dengan nilai perusahaan
Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah merekrut karyawan yang sesuai dengan nilai, visi, dan misi perusahaan.
Hal ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk menjalankan operasional berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan retensi serta membangun kepemimpinan karyawan di masa mendatang.
#2 Mempromosikan karyawan
Ketika Anda berhasil merekrut karyawan yang tepat, maka tanamkan keterampilan kepemimpinan kepada mereka.
Ketika perusahaan membutuhkan pemimpin, Anda dapat mempromosikan karyawan yang telah memiliki leadership skill. Promosi jabatan menjadi strategi pengelolaan SDM yang menunjang bisnis secara jangka panjang.
#3 Menciptakan kepemimpinan jangka panjang
Telah disinggung di atas, perusahaan perlu berinvestasi terhadap leadership skill terhadap karyawan, terutama mereka yang berpotensi dan berprestasi.
Caranya, perusahaan dapat memberikan pelatihan kepemimpinan secara berjenjang dan memiliki jalur karier karyawan. HRD juga perlu melakukan beberapa hal, seperti:
- Memberikan orientasi bisnis yang intensif
- Menawarkan jalur karier generalis dan spesialis
- Mengukur potensi kepemimpinan karyawan di masa depan
- Menganalisis kebutuhan perusahaan terhadap pemimpin baru
Penutup
Bisnis berkelanjutan tak melulu berbicara tentang kegiatan operasional dan dampak lingkungan. Ini juga menyoroti pengelolaan SDM.
Untuk menjalankan bisnis berkelanjutan, perusahaan harus mendapatkan komitmen dan dukungan dari karyawan.
Dan, HRD berperan menjadi kompas perusahaan untuk mendorong kebijakan dan praktik berkelanjutan bagi manusia dan lingkungan.
Leave a Reply