Pos Indonesia meraih penghargaan SWA

Pos Indonesia Raih Penghargaan HR Excellence Award 2023

Dalam acara puncak HR Excellence Award 2023 yang diselenggarakan SWA dan Lembaga Management FEB UI bertema Humanizing The Work Experience: The Success Formula in Developing New HR Capabilities and Employee Well Being, Pos Indonesia berhasil mendapatkan tiga penghargaan.

Sejak 2020, Pos Indonesia telah menjalankan berbagai program transformasi di tujuh bidang utama; bisnis, product and channel, process, teknologi, human capital, organisasi, dan budaya.

Program transformasi tersebut dilakukan dalam rangka menyiapkan organisasi menuju era industri 5.0.

Dari berbagai rencana transformasi di atas, Direktorat Human Capital Management di bawah Tonggo Marbun menyebutkan bahwa khususnya Pos Indonesia fokus pada tiga aspek, yaitu:

  • Human Capital Transformation: Membangun sistem HC berbasis digital
  • Strategy Capacity Planning: Memastikan ketersediaan talent
  • Digital Talent: Membangun kesiapan digital karyawan

Di kesempatan yang sama, Tonggo juga menerangkan banyak program kerja unggulan yang telah banyak diimplementasikan selama dua tahun melakukan transformasi. Di antaranya membangun learning-development and knowledge management, implementasi reward management and talent retention strategy, dan HR digitization and people analytic.

Pada program learning-development and knowledge management, Pos Indonesia membuat perubahan pada pusat pembelajaran dari learning center perusahaan, menjadi pusat pengembangan diri bagi setiap karyawan.

Program ini bahkan dikhususkan untuk mengembangkan pekerja generasi milenial dan woman leader, membangun talent pool terbaik, serta melaksanakan reskilling dan upskilling sesuai dengan kebutuhan bisnis. Tentunya itu semua didukung dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam hal reward management and talent retention, program ini diciptakan sebagai upaya membangun budaya berprestasi di antara karyawan dan sebagai bentuk retensi karyawan.

Pada 2023 ini, performance-based benefit yang sudah diimplementasi adalah pemberian jasa produksi annually jika performa perusahaan mencapai target.

Tidak hanya itu, ada juga tunjangan kinerja quarterly kepada unit-unit kerja terbaik, tunjangan khusus untuk Account Manager berprestasi monthly dan Best Performance Award quarterly.

Dan akhirnya, sebagai bentuk persiapan menuju era industri 5.0, Direktorat Human Capital Management Pos Indonesia pun mendigitalisasi pelayanan kepegawaiannya (Human Capital Service). 

Digitalisasi ini bertujuan untuk lebih mempersiapkan talent karyawan, meningkatkan employee experience dan employee engagement, serta mendukung percepatan dan akurasi informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Digitalisasi tersebut berbentuk one stop HC service yang dinamai Livie.

Berkat konsistensinya dalam melakukan perbaikan pengelolaan HC dan memperhatikan well-being karyawan, Pos Indonesia pun meraih sejumlah penghargaan di kategori berikut:

  1. Learning & development and knowledge management
  2. Reward management and talent retention strategy
  3. HR Digitization and People Analytic

SWA dan Lembaga Management FEB UI pun menganugerahkan penghargaan Human Resource (HR) Excellence Award 2023 kepada Pos Indonesia.

Loading

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *