Untuk menjalankan bisnis yang sukses, selain memiliki ide bagus dan produk berkualitas, Anda perlu memiliki tim sumber daya manusia yang hebat. Tim ini bertugas menjaga karyawan Anda, menciptakan lingkungan produktif, dan memotivasi mereka untuk memberikan yang terbaik.
Mengapa Sumber Daya Manusia Penting?
Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) memainkan peran kunci dalam setiap jenis bisnis, termasuk usaha kecil.
Fokus utama SDM adalah meningkatkan kinerja karyawan, yang pada gilirannya menghasilkan peningkatan bisnis perusahaan secara keseluruhan dan pencapaian yang lebih besar.
Layanan SDM mencakup seluruh aspek yang terkait dengan manajemen dan pengembangan karyawan dalam organisasi.
Peran inti SDM mencakup:
- Rekrutmen dan seleksi karyawan
- Orientasi kepada karyawan baru
- Pelatihan dan pengembangan
- Manajemen tunjangan karyawan dan cuti
- Penggajian
- Kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan
- Manajemen keamanan
- Meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan
- Membentuk budaya perusahaan yang sehat
Profesional SDM memiliki pelatihan khusus untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif, menyelesaikan konflik, dan menciptakan budaya tempat kerja yang aman dan produktif.
Baca juga: Penerapan Human Capital Management Bagi Perusahaan
Alasan Mengapa SDM Penting
Bisnis yang berkembang sering kali ingin fokus pada pemasaran dan pengembangan, meskipun sumber daya manusia tidak langsung terlibat dalam tugas-tugas ini. Meskipun begitu, SDM tetap kunci produktivitas bisnis karena enam alasan utama:
- Manajemen
Profesional sumber daya manusia adalah manajer ahli yang membantu memotivasi karyawan dan mengelola mereka, memungkinkan tim kepemimpinan untuk fokus pada strategi bisnis.
- Bakat
Bakat adalah kunci kesuksesan perusahaan, dan SDM bertanggung jawab atas perekrutan, pelatihan, dan retensi bakat.
SDM membantu bisnis menjadi menarik dan mempertahankan karyawan yang tepat dengan insentif yang kompetitif dan budaya kerja yang memotivasi.
- Motivasi dan produktivitas
Setelah merekrut bakat hebat, SDM menjaga karyawan terlibat, puas, dan termotivasi untuk meningkatkan produktivitas, mencapai target, dan menghasilkan produk yang hebat.
- Keamanan dan kepatuhan
SDM memahami dan memastikan kepatuhan perusahaan terhadap undang-undang ketenagakerjaan dan keselamatan, menciptakan lingkungan aman dan mengurangi risiko cedera.
- Menyederhanakan proses orientasi
Orientasi yang efektif berperan dalam meningkatkan retensi dan produktivitas karyawan, dan SDM dapat menciptakan orientasi yang menarik dan spesifik untuk setiap pekerjaan.
- Membantu menyelesaikan konflik
SDM yang terlatih dalam penyelesaian konflik dapat menghemat waktu dan upaya yang dihabiskan oleh manajer dalam menangani konflik karyawan. Melatih satu tim SDM lebih efisien dan ekonomis dibandingkan dengan melatih seluruh manajer dalam perusahaan.
Kurangnya konflik di tempat kerja akan meningkatkan kebahagiaan dan keterlibatan karyawan.
Penutup
Mempekerjakan SDM jadi salah satu keharusan yang dimiliki oleh perusahaan baik yang berukuran kecil sekali pun. Para pemula biasanya sering memulai bisnis mereka dengan mengelola sendiri SDM mereka, tetapi mengurus SDM dan menghadapi kompleksitas undang-undang ketenagakerjaan bukanlah pengelolaan waktu yang efisien dan dapat merugikan bisnis jika terjadi kesalahan.
Mengalihdayakan kebutuhan SDM atau mempekerjakan manajer SDM paruh waktu memungkinkan pemimpin bisnis untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis mereka.
Dengan memiliki seseorang yang menangani masalah-masalah terkait karyawan, seperti manajemen absensi dan kebijakan cuti, bisnis dapat menjaga kepatuhan dan meningkatkan keterlibatan karyawan.
Leave a Reply