Kepemimpinan HRPods

5 Cara Membentuk Kepemimpinan Ideal

Kepemimpinan ideal di suatu organisasi mampu menyatukan semua orang untuk mencapai tujuan yang sama.

Ya, siapa pun bisa menjadi pemimpin ideal, seperti Steve Jobs, Kamala Harris, Elon Musk, Sheryl Sandberg, dan Ariana Huffington. Mereka adalah orang biasa yang belajar bagaimana memimpin. 

Bagi Anda yang sedang bersiap untuk mengambil peran kepemimpinan atau pemimpin senior di perusahaan, mengembangkan keterampilan kepemimpinan ialah tugas wajib.

Anda perlu meluangkan waktu untuk meninjau komponen utama yang menjadikan seorang pemimpin yang baik dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan bagi tim.

Bagaimana Membentuk Kepemimpinan Ideal?

Kepemimpinan merupakan pencapaian suatu tujuan melalui arahan asisten manusia.

Siapa yang menjalankan kepemimpinan? Siapa lagi, kalau bukan pemimpin. Pemimpin yang baik sangat berdampak signifikan etos kerja karyawan atau anggota tim.

Ia dapat memengaruhi kemajuan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, caranya memimpin tim juga berpotensi terhadap level turnover hingga budaya perusahaan.

1) Tunjukkan penghargaan

Untuk memimpin orang dengan efektif, Anda perlu mengenal motivasi, nilai, keyakinan, dan ketakutan mereka. Meskipun tidak perlu berteman dengan semua karyawan, mendengarkan dengan cermat sudah cukup. 

Karyawan yang merasa dihargai dan diakui akan bekerja lebih keras, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian dari Harvard Business Review yang mengungkapkan bahwa 40% karyawan akan berkinerja lebih baik jika mereka mendapat pengakuan lebih.

2) Menggunakan mentor

Untuk menjadi bijaksana, belajarlah dari pengalaman orang lain. Carilah seseorang yang telah mengatasi tantangan yang Anda hadapi dan memiliki lebih banyak pengalaman di bidang Anda. 

Mencari mentor atau pelatih adalah solusi jika ada “jalan pintas” menuju sukses. Belajar dari seorang mentor juga akan mengajari Anda cara membimbing orang yang Anda pimpin.

3) Tentukan prioritas

Orang cenderung mengikuti misi daripada individu. Menurut Sarah Greenberg, pelatih dan penulis di BetterUp, untuk mendukung tujuan kuat dalam tim Anda, pastikan tindakan perusahaan Anda selaras dengan misi yang lebih besar. 

Berikan kesempatan kepada anggota tim untuk terhubung dengan tujuan yang melebihi diri mereka sendiri, berdasarkan motivasi intrinsik. Memahami tujuan utama Anda adalah langkah pertama menuju kepemimpinan yang sukses.

4) Komunikasi yang baik

Sebagai pemimpin yang baik, penting untuk menjadikan komunikasi sebagai prioritas utama. Selain memperhatikan tanda baca dan tata bahasa dalam email dan memo, pastikan kejelasannya. 

Gunakan rapat sebagai kesempatan untuk mengomunikasikan ide-ide Anda dan memberikan jawaban lisan atas pertanyaan karyawan.

5) Transparan

Untuk menjadi pemimpin yang baik, selalu berikan informasi kepada karyawan tentang berita perusahaan yang lebih luas, seperti perubahan, tunjangan baru, atau program karyawan melalui email mingguan atau pertemuan langsung.

Penutup

Menjadi seorang pemimpin yang ideal bukanlah sekadar tentang memberi perintah atau memerintah, melainkan tentang membangun budaya yang solid yang memungkinkan tim tumbuh dan mencapai potensi maksimal mereka. 

Pemimpin yang luar biasa mampu memotivasi tim bukan karena mereka harus melakukannya, melainkan karena tim berkomitmen pada tujuan bersama. 

Meskipun perjalanan ini penuh dengan tantangan dan pengorbanan, pada akhirnya, semua usaha tersebut akan memberikan hasil yang berharga.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *