17 Tujuan SDGs HRPods

17 Tujuan SDGs Ini Wajib HR Ketahui

Memahami 17 tujuan SDGs (sustainable development goals) menjadi langkah yang penting bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis berkelanjutan. 

Secara universal, SDGs bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet, dan memastikan bahwa pada 2030 semua orang dapat menikmati perdamaian dan kesejahteraan. 

Melansir EY, SDGs menetapkan agenda pertumbuhan ekonomi inklusif hingga 2030 dan dikembangkan dari masukan dunia usaha, akademisi, dan organisasi nirlaba di seluruh dunia. 

Hubungan SDGs Bagi Bisnis

SDGs dapat berperan dalam kesuksesan bisnis. Pasalnya, SDGs memberikan kerangka kerja global yang membantu bisnis untuk mengatasi tantangan global yang akan dihadapi oleh perusahaan di masa mendatang. 

Terdapat beberapa alasan SDGs penting bagi bisnis. Salah satunya adalah menciptakan hubungan bisnis berdasarkan prinsip SDGs dan mempermudah pembentukan kemitraan jangka panjang yang dapat diandalkan. 

Perusahaan yang terlibat dalam SDGs dapat menarik kandidat yang peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan. Hasilnya, bisnis pun menunjukkan peningkatannya dan mengurangi perpisahan kerja.

Selain itu, respons positif perusahaan terhadap isu-isu sosial dan lingkungan juga mendatangkan kepercayaan investor dan institusi keuangan.

17 Tujuan SDGs

SDGs yang diadopsi langsung oleh PBB pada 2015 terdiri dari 17 tujuan SDGs, yaitu:

1) No poverty

Mengakhiri kemiskinan dalam semua bentuk dan dimensi di seluruh dunia. 

2) Zero hunger

Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, gizi yang baik, dan promosi pertanian berkelanjutan. 

3) Good health and well-being

Memastikan kesehatan yang baik dan promosi kesejahteraan bagi semua usia.

4) Quality education

Menyediakan pendidikan inklusif, berkualitas, dan berkeadilan.

5) Gender equality

Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan.

6) Clean water and sanitation

Memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

7) Affordable and clean energy

Memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern.

8) Decent work and economic growth

Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pekerjaan layak.

9) Industry, innovation, and infrastructure

Membangun infrastruktur yang tahan bencana dan inklusif serta mendorong inovasi.

10) Reduced inequalities

Mengurangi ketidaksetaraan dalam dan antara negara.

11) Sustainable cities and communities

Membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan bencana, dan berkelanjutan.

12) Responsible consumption and production

Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

13) Climate action

Mengambil tindakan mendesak untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.

14) Life below water

Mempromosikan pengelolaan dan pelestarian ekosistem laut dan laut dalam untuk pembangunan berkelanjutan. 

15) Life on land

Melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pengelolaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem darat. 

16) Peace, justice, and strong institutions

Mendorong masyarakat yang damai, inklusif, dan berkeadilan.

17) Partnerships for the goals

Meningkatkan aliansi global untuk pembangunan berkelanjutan. 

Perusahaan Telah Menerapkan SDGs

Berikut perusahaan yang telah menerapkan praktik SDGs dalam bisnis mereka. 

Sinay

Sinay adalah perusahaan asal Prancis yang telah menerapkan 5 dari 17 SDGs melalui modul lingkungan dan logistiknya, yaitu:

  • SDGs 6 (air bersih dan sanitasi)
  • SDGs 9 (inovasi dan infrastruktur industri)
  • SDGs 11 (kota dan komunitas berkelanjutan)
  • SDGs 13 (aksi iklim) 
  • SDGs 14 (kehidupan di bawah air)

GOTO

GOTO merupakan perusahaan yang tercipta dari proses merger antara Gojek dan Tokopedia. Dalam Sustainability Report 2022, GOTO menyebutkan bahwa keberlanjutan menjadi prioritas yang penting dalam menjalankan bisnis, karena mereka mengutamakan mitra strategis yang bergantung pada GOTO.

Selain itu, GOTO juga menyebutkan bahwa mereka berkomitmen untuk melakukan bisnis yang berkelanjutan dengan cara yang terukur dan transparan, dengan memprioritaskan upaya yang berdampak panjang terhadap kehidupan dan mata pencaharian seluruh mitra mereka.

Netflix

Netflix, perusahaan asal Scotts Valley, California, meluncurkan Net Zero + Nature pada 2021 sebagai komitmen iklim publik pertama mereka. Pada 2022, Netflix menerbitkan pembaruan terperinci tentang kemajuannya dalam laporan ESG 2021.  

Netflix menjelaskan bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target iklim berbasis ilmu pengetahuan. Netflix juga berupaya untuk melakukan dekarbonisasi produksi film dan TV serta berinvestasi dalam proyek kredit karbon berkualitas tinggi.

Penutup

17 tujuan SDGs bukan hanya tentang tanggung jawab secara sosial dan lingkungan, juga menjaga keberlanjutan bisnis jangka panjang. Dengan berkomitmen pada SDGs, perusahaan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dan membangun masa depan yang lebih baik.


by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *