Saat ini, banyak departemen HR mengadopsi recruitment marketing atau rekrutmen dengan gaya marketing, sebagai metode yang efektif dalam mencari talenta terbaik. Kenapa?
Karyawan memainkan peran vital dalam kesuksesan perusahaan, sehingga penting bagi manajer perekrutan untuk memilih kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi terbuka.
Recruitment marketing sendiri telah menjadi tren dalam dunia rekrutmen karena dapat memberikan manfaat signifikan dan meningkatkan pengalaman kandidat dengan suatu perusahaan.
Bagi Anda yang belum menerapkannya, simak penjelasan di bawah ini!
Apa Itu Recruitment Marketing?
Recruitment marketing adalah cara promosi brand perusahaan selama proses rekrutmen untuk menarik, melibatkan, dan membangun hubungan dengan talenta berkualitas dengan tujuan mendorong mereka melamar posisi terbuka.
Ini juga memungkinkan perusahaan untuk membagikan informasi tentang mereka dan posisi yang dapat memengaruhi kandidat untuk menerima tawaran pekerjaan. Strategi ini dapat meningkatkan kesadaran brand perusahaan dan menarik talenta yang sesuai.
Perekrut yang menerapkan metode ini biasanya melakukan tugas seperti mengidentifikasi persona kandidat dan mencari tahu informasi kandidat melalui media sosial.
Tidak hanya itu, dalam recruitment marketing, para perekrut berbagi kisah tentang kehidupan kerja perusahaan melalui video pendek, serta mempublikasi acara kantor untuk memperkuat branding perusahaan.
Manfaat Recruitment Marketing bagi Organisasi
Membantu mengurangi biaya
Recruitment marketing mengotomatisasi tugas perekrutan untuk mengurangi biaya dengan mengizinkan perekrut mengirim dan/atau mengunggah video dalam beberapa jam, meninggalkan tugas memantau akun dan berinteraksi dengan bakat.
Meningkatkan kecepatan perekrutan
Metode ini mempercepat perekrutan dengan menghasilkan kumpulan bakat internal, menghemat waktu dan biaya outsourcing kandidat baru. Followers yang menunjukkan minat pada perusahaan dapat menjadi calon potensial untuk lowongan pekerjaan baru.
Meningkatkan kualitas kandidat
Recruitment marketing menargetkan kandidat yang sudah bekerja di posisi serupa, yang mungkin tidak aktif mencari pekerjaan tetapi memiliki pengalaman kerja yang dapat dievaluasi secara lebih transparan terkait rekam jejak, keterampilan, dan kesesuaian budaya perusahaan.
Mendorong employee engagement
Melakukan metode ini bisa melibatkan seluruh karyawan, sama seperti melakukan employer branding. Ini memberi kesempatan bagi karyawan untuk berbagi ide konten yang akan dipasarkan. Atau bahkan kesan bekerja di perusahaan.
Elemen-elemen tersebut dapat membantu calon kandidat memahami alasan mereka ingin bekerja di perusahaan Anda.
Mengidentifikasi media yang efektif
Penggunaan data dari strategi rekrutmen ini membantu mengidentifikasi sumber yang paling efektif. Saat ini, berbagai media sosial atau platform digital bisa memberikan user output berupa data. Data ini bisa membantu Anda memilih media yang tepat untuk sarana rekrutmen.
Memperbaiki strategi dan proses rekrutmen
Divisi HR mengumpulkan banyak data tentang calon kandidat, tetapi seringkali data ini tidak dimanfaatkan secara optimal. Perusahaan biasanya lebih fokus pada cost biaya dan waktu dalam perekrutan daripada mengukur efektivitas proses perekrutan itu sendiri.
Recruitment marketing menawarkan solusi dengan memberikan cara untuk memantau biaya dan efektivitas proses rekrutmen karena alasan di atas.
Artikel lainnya: 10 Metode Seleksi Karyawan Efektif & Tips Merancangnya
Penutup
Recruitment marketing adalah kunci sukses dalam perekrutan. Dengan fokus pada brand perusahaan, mendekati kandidat pasif, dan menggunakan data, dapat memungkinkan organisasi menemukan talenta berkualitas.
Metode ini bukan hanya alat untuk mengisi posisi kosong, tetapi juga investasi jangka panjang dalam pertumbuhan perusahaan. Dengan memahami potensinya, perusahaan dapat bersaing lebih baik dalam merekrut bakat terbaik.
Leave a Reply