Employee engagement survey menjadi hal penting yang dilakukan oleh perusahaan jika ingin menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan berdaya.
Hasil dari survei dapat menjadi dasar pemahaman terhadap tingkat sekaligus strategi keterlibatan karyawan guna mencapai keberhasilan perusahaan.
Apa yang Dimaksud dengan Employee Engagement Survey?
Employee engagement survey adalah alat evaluasi yang dirancang untuk mengukur tingkat keterlibatan, kepuasan, dan kesejahteraan karyawan dalam suatu organisasi.
Tujuannya untuk menyelaraskan kebutuhan dan harapan karyawan dengan arah dan nilai organisasi. Dengan demikian, hal ini dapat membentuk landasan yang kuat untuk pertumbuhan bersama.
Menjalankan survei bermanfaat bagi perusahaan yang ingin menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan bermakna. Misalnya, hasil survei menunjukkan bahwa perusahaan perlu mengatur strategi komunikasi atau meningkatkan retensi karyawan.
Strategi Dan Langkah Mengukur Employee Engagement Survey
Beberapa strategi dan langkah efektif untuk mengukur tingkat keterlibatan karyawan melalui survei yang dilakukan:
- Melakukan komunikasi efektif: merancang komunikasi secara efektif, agar karyawan merasa terlibat dan memahami tujuan survei
- Pilih pertanyaan yang relevan: Anda dapat merancang pertanyaan yang mencerminkan aspek kunci dan berhubungan dengan kebutuhan perusahaan, sehingga hasil survei bisa memberikan informasi yang bernilai
- Mengedepankan aspek anonimitas dan kepercayaan: libatkan karyawan yang mengikuti survei secara anonim agar meningkatkan kejujuran dan kepercayaan mereka dalam berpartisipasi serta meningkatkan penilaian objektif
- Reward dan pengakuan: gunakan strategi untuk memberikan insentif atau pengakuan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka, sehingga dapat meningkatkan jumlah peserta dan datanya dapat diolah untuk berbagai kepentingan
- Pemahaman hasil dan tindak lanjut: menjelaskan hasil survei kepada karyawan dan menerapkan strategi tindak lanjut yang efektif untuk meningkatkan engagement
Contoh Penerapan Employee Engagement Survey
Sebagai contoh, perusahaan XYZ ingin melakukan employee engagement survey.
Tim perlu melakukan perencanaan yang matang sebelum meluncurkan survei. Mulai dari menetapkan tujuan survei, memilih parameter yang relevan, dan menentukan waktu pelaksanaan yang paling tepat.
Selanjutnya, tim perlu melibatkan karyawan dalam proses tersebut, menjelaskan tujuan survei, dan memastikan partisipasi aktif dari mereka.
Proses survei dilakukan secara transparan dan komunikasi terbuka. Setelah data diperoleh, maka tim perlu membuat strategi manajemen karyawan yang sesuai dengan hasil yang bisa membawa perusahaan ke tujuannya.
Employee engagement survey mencakup berbagai pertanyaan untuk memahami perasaan dan pandangan karyawan terhadap pekerjaan serta lingkungan kerja.
Beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada karyawan mencakup aspek-aspek seperti kepuasan kerja, keseimbangan kerja-kehidupan, dan persepsi terhadap kepemimpinan.
Beberapa contohnya, seperti:
- Apakah Anda merasa proses evaluasi karyawan adil?
- Apakah Anda merasa bersemangat untuk datang bekerja?
- Apakah Anda memiliki tujuan yang jelas saat melakukan pekerjaan Anda?
- Apa saja kekuatan/kelemahan budaya perusahaan kita?
- Di mana Anda ingin kami meningkatkannya?
Penutup
Dalam mengevaluasi keberhasilan program employee engagement survey, penting untuk diingat bahwa survei ini bukan hanya sekadar alat pengukur kinerja organisasi, tetapi juga sebagai peluang untuk menyatukan tujuan perusahaan dengan kinerja karyawan.
Dengan melakukan dan mengevaluasi hasil survei, perusahaan dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, produktivitas, dan kepuasan kerja.
Leave a Reply