manajemen penjualan

Manajemen Penjualan: Peran dan Panduan Bangun Tim Efektif

Manajemen penjualan menjadi elemen utama dalam memiliki bisnis yang berjalan lancar. Di dunia bisnis yang kian kompetitif saat ini, kemampuan efektif dalam mengelola penjualan dan tim menjadi sangat penting.

Kini, HRPods akan mengenai peran, hal yang harus diprioritaskan, hingga cara membangun tim manajemen penjualan yang baik.

Manajemen Penjualan, Penting dan Krusial dalam Organisasi

Manajemen penjualan memegang peran yang penting dan krusial dalam organisasi dan perusahaan. Peran utama mereka adalah untuk meningkatkan kinerja penjualan dan mencapai tujuan bisnis.

Berdasarkan data dari salah satu perusahaan recruitment agency di Jakarta, terdapat 12 ribu lebih posisi sales yang saat ini sedang dibutuhkan banyak bisnis.

Manajemen penjualan juga bertanggung jawab dalam menetapkan strategi yang efektif untuk menghasilkan prospek, akuisisi pelanggan, hingga closing deal.

Dengan bantuan tools untuk mengukur Customer Relationship Management (CRM), mereka akan melacak dan mengelola interaksi pelanggan, aktivitas penjualan, dan perkembangan kesepakatan. Mereka juga memastikan pipeline penjualan dikelola secara efektif, mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas.

Baca juga: 7 Tahap Mengaplikasikan Struktur Organisasi

5 Hal yang Harus Diprioritaskan Sales Head 2023

Tahun ini, sales head atau sales manager harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Cek lima hal berikut ini:

  1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan: fokus pada layanan dan melakukan interaksi yang dekat dengan pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan merasakan bahwa pengalaman pelanggan Anda adalah yang terbaik
  2. Memperkuat kolaborasi tim: Mendorong kolaborasi yang kuat antara tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan untuk mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan.
  3. Adopsi dan inovasi teknologi: Menerapkan dan memanfaatkan tools dan inovasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan dan efektivitas penggunaan data.
  4. Pelatihan dan pengembangan tim: Memberikan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan kepada tim agar mereka tetap relevan, agile, dan kompetitif.
  5. Pengukuran dan analisis data: Memprioritaskan pengumpulan dan analisis data penjualan untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik, yang akan membantu dalam membuat keputusan strategis yang lebih baik.

7 Cara Membangun Manajemen Penjualan yang Baik

Lantas, bagaimana Anda sebagai sales head dapat membangun manajemen penjualan yang baik? Berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti.

#1 Bangun budaya di dalam tim

Sangat penting untuk melibatkan tim Anda dalam kultur perusahaan untuk memaksimalkan kinerja setiap anggota tim dan memotivasi. Hal ini dapat membuat tim terus maju dan memiliki ownership, sehingga mereka dapat menghasilkan kinerja sesuai tujuan bisnis.

#2 Tetapkan ekspektasi yang jelas

Buatlah waktu untuk berdiskusi dengan tim untuk mengetahui apa yang diharapkan dari mereka. Dari sini, Anda bisa menetapkan ekspektasi pada tim berdasarkan target penjualan secara keseluruhan. Anggota tim akan tahu persis apa yang sedang mereka kerjakan dan apa tujuan mereka.

#3 Penuhi semua kebutuhan tim

Memberikan segala yang dibutuhkan oleh tim, seperti tools, pelatihan, dan lainnya akan memastikan mereka memiliki tempat kerja yang nyaman, memotivasi, dan memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan setiap hari.

#4 Pantau metrik penjualan yang penting

Seorang pemimpin perlu membangun tim penjualan yang unggul dan secara konsisten memantau progres untuk memastikan bahwa semua orang tetap berada di jalurnya dan tidak terjebak pada prospek yang tidak berpotensi.

#5 Berikan umpan balik yang konsisten

Luangkanlah waktu secara berkala untuk meninjau kinerja tim Anda, sehingga mereka dapat mengetahui langkah yang harus terus dilakukan, apa yang perlu ditingkatkan, dan, merasa dihargai.

#6 Dorong tim untuk menetapkan tujuan pribadi

Doronglah tim untuk berpikir tentang di mana mereka ingin berada dan bagaimana keseharian mereka saat ini akan membantu mereka untuk mencapainya.

Menetapkan tujuan pengembangan individu dapat membantu mereka tetap termotivasi untuk tetap berada di jalur yang tepat untuk naik level di masa depan.

#7 Menanamkan bahwa customer itu penting

Meskipun tujuan penjualan adalah untuk mendorong pertumbuhan bisnis, namun Anda juga perlu memastikan bahwa pelanggan akan berhasil dengan bantuan bisnis Anda.

Anda membutuhkan setiap orang dalam tim untuk terlibat dan merasa bahwa mereka dapat memberikan hasil yang luar biasa kepada pelanggan.

Penutup

Manajemen penjualan menjadi pilar kunci bagi kelancaran bisnis dalam era yang semakin kompetitif. Seorang sales head perlu memastikan bahwa manajamen penjualan perusahaan mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis dengan efektif dan efisien.

Loading


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *