Kehadiran visi perusahaan bukan sekadar pelengkap. Visi perusahaan menjelaskan tentang tujuan perusahaan di masa mendatang.
Ketika perusahaan menetapkan visi, manajemen bersama pihak terkait harus mengimplementasikannya kepada seluruh karyawan. Dengan demikian, mereka memiliki tujuan sama.
Penerapan visi perusahaan dapat dilakukan beragam cara. Salah satunya untuk meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana caranya?
Amerta Indah Otsuka memiliki kiatnya. Perusahaan dengan visi ‘Menjadi perusahaan yang brilian’ mengetahui cara agar karyawan mampu meningkatkan kinerja mereka melalui visi tersebut.
Ikuti perbincangan HRPods Indonesia bersama Asih Widya Utami, Head of Human Capital Development PT Amerta Indah Otsuka (Factory Sukabumi), melalui telekonferensi pada Rabu (16/11/2022).
Langkah Mengimplementasi Visi Perusahaan
Untuk implementasi visi yang sudah ditetapkan, perusahaan memiliki misi dan juga strategi-strategi untuk mewujudkan visinya. Strategi yang sudah dibuat didukung juga oleh seluruh karyawan.
Salah satu cara untuk PT Amerta Indah Otsuka untuk bisa mewujudkan visinya adalah dengan inovasi dan improvement dari karyawan dari seluruh departemen.
Program inovasi dan improvement di PT Amerta Indah Otsuka dinamakan Kaizen–Good Improvement.
Program Kaizen ini dimasukan kedalam KPI masing-masing karyawan sehingga karyawan terpacu untuk melakukan program ini.
Untuk menunjang program ini kami mendorong karyawan untuk belajar lebih banyak untuk area-area yang mereka minati. Kami berusaha memfasilitasi dan mengetahui apa yang mereka perlukan untuk improvement.
Sebagai contoh, tren di luar sedang membicarakan energi berkelanjutan, topik itu menarik bagi karyawan di departemen tertentu.
Kalau mereka ingin ikut workshop sebagai langkah improvement mereka bisa sampaikan ke human capital untuk mendapatkan training yang lebih sesuai.
Jadi, sebelumnya mereka harus ngobrol dengan pemimpin departemen yang lebih paham yang sedang tren di bidang mereka. Setelah itu, kami baru diskusi bersama-sama.
Kami di human capital bukan Superman, yang bisa menangani semua hal. Kami juga berkolaborasi dengan departemen lain. Kami melakukan banyak diskusi dengan leader berbagai departemen untuk mendukung kinerja karyawan.
Menumbuhkan Iklim Perusahaan Dinamis
Untuk menunjang visi misi kami ‘Ingin menumbuhkan iklim perusahaan yang dinamis’, hal ini merujuk kepada keadaan yang sehat dan bertumbuh. Karena Otsuka ingin selalu terdepan for the future.
Kami selalu bilang bahwa kami harus menjadi yang pertama.
Misalnya, Pocari Sweat. Dulu tidak ada yang memiliki produk minuman isotonik, kami memperkenalkan terlebih dahulu.
Untuk menjadi yang terdepan itu, semua orang harus memiliki semangat sama, yaitu berkreasi atau dalam hal ini improvement.
Jadi, filosofi ini mendorong teman-teman untuk meningkatkan kinerjanya.
Di lingkup eksternal, kami cukup dinamis. Kami terbuka untuk bekerjasama dan menjaga hubungan baik dengan institusi pemerintahan. Misalnya, kami bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.
Ketika mereka ingin mengembangkan industri di Indonesia dengan pelatihan terkini, seperti digitalisasi, lingkungan, dan topik lain, kami mengetahui dan mengikuti program tersebut.
Dinamika Karyawan Dan Perusahaan
Saya akan memberikan gambaran bahwa kami perusahaan yang mengedepankan dinamis.
Otsuka adalah perusahaan Jepang. Di sana, Otsuka memproduksi banyak produk.
Ketika ekspansi di Indonesia, mereka memproduksi produk dengan resep yang sama seperti di negara asalnya. Hal itu bisa dibuktikan dengan taste Pocari Sweat dan Soyjoy di negara mana pun pasti sama.
Namun, kami memiliki iklim dinamis dan semangat improvement. Headquarter memperbolehkan kami untuk mengembangkan varian rasa.
Awalnya, semua Soyjoy bercita rasa manis. Nah, orang Indonesia ada yang suka makanan asin kan. Kami pun mengusulkan varian baru ke headquarter kami di Jepang.
Karena di Indonesia sedang booming kopi, kami membuat Soyjoy varian mocha choco cashew dan danish cheese yang rasanya disesuaikan dengan selera pasar di sini.
Dua varian Soyjoy tersebut adalah kreasi Indonesia dan approved by Jepang.
Pada dasarnya, kami tidak dibatasi untuk improvement. Bahkan headquarter memberikan penghargaan kepada kami sebagai ‘Perusahaan Terdepan Untuk Digitalisasi’ pada 2022.
Mereka mendukung semangat berkompetisi dan improvement, agar kami terus meningkatkan kinerja dengan baik.
Di lain sisi, konsumsi di Indonesia berubah. Sekarang orang Indonesia semakin aware tentang kesehatan.
Perubahan kesadaran mereka terhadap kesehatan luar biasa dinamis. Mereka menjadi lebih aktif berkegiatan seperti bersepeda, hari, atau hiking.
Kalau dulu, orang-orang bersepeda buat makan bubur ayam, sekarang cari sarapan yang lebih sehat dan simpel, seperti Soyjoy.
Otsuka Menghargai Keberagaman

Salah satu club hobbies dari Otsuka yang mendorong karyawan mengenal rekan kerja dari departemen lain. Foto: Dok. PT Amerta Indah Otsuka.
One for all
Otsuka sangat menghargai keberagaman. Salah satu value kami di Hexa Principles adalah one for all, all for one.
Kalau ada satu karyawan punya kinerja lebih bagus atau terbaik, tetapi lupa one for all, kami berusaha mendorong dia untuk bekerja bersama-sama. Karena dia tidak sendiri atau agar tidak merasa bekerja sendirian.
Untuk mendukung keberagaman, kami punya club hobbies. Jadi teman-teman bisa join ke club.
Buat karyawan yang sudah bekerja tiga bulan akan one-on-one meeting. Di sana, kami tanya, ‘Sudah ikut club hobbies apa?’
Kalau belum ikut, karena malu atau ragu, kami kasih contact pengurus club yang dia sukai. Jadi, dia bisa contact pengurusnya langsung.
Di club, karyawan akan lebih mengenal karyawan dari line atau departemen lain. Itu kesempatan karyawan buat memiliki pertemanan yang lebih luas.
Misalnya, hiking club mengadakan hiking di Kawah Ratu, Gunung Salak, Bogor.
Mereka akan jalan bareng ke sana, sehingga mereka lebih akrab dan dekat. Mereka bisa saling support dan kemungkinan besar akan membantu dalam hal lain.
Dan yang tidak kalah penting, club hobbies meningkatkan employee engagement. Banyak anggota club yang merasa memiliki keluarga kedua, karena mereka sangat akrab
Ketika di antara mereka ada yang resign dan pindah ke perusahaan lain, dia masih ingin ikut club.
Keberagaman dalam proses kerja
Kami tidak membeda-bedakan siapa pun. Kami bekerja dan berkompetisi secara sehat.
Dalam proses rekrutmen, baik eksternal maupun internal, kami tidak ada unsur SARA. Semua orang boleh mengikuti proses.
Begitu pula ketika kami memilih Best Employee. Ini adalah program yang boleh diikuti oleh semua karyawan Otsuka.
Mereka mendaftar atas kesadaran sendiri dan penilaian tidak ada elemen subjektivitas.
Teman-teman di sini sangat menghargai diversity. Dari awal, latar belakang karyawan kami cukup bervariasi.
Sejauh ini, kami belum melihat konflik di antara mereka. Semoga tidak ada, yah. Kalau ke depan ada konflik, kami akan akan melakukan pendekatan-pendekatan tertentu.
Leave a Reply