International Organization for Standardization

5 Alasan Mengapa ISO Penting Bagi Perusahaan

International organisation for standardization (ISO) menjadi pengakuan formal atas kebenaran suatu hal, status, atau peristiwa kepada perusahaan

Sertifikasi ini diberikan oleh entitas yang memiliki kredibilitas dalam masyarakat.  Survei ISO pada 2017 mengungkap bahwa lebih dari 1,5 juta perusahaan memiliki beberapa bentuk sertifikasi.

Salah satunya adalah ISO 9001 yang paling diminati oleh industri. Mengapa perusahaan berupaya untuk mendapatkan sertifikasi tersebut?

Apa Itu International Organization for Standardization?

International organisation for standardisation adalah standar internasional yang sangat penting untuk jaminan kualitas dan kepatuhan. 

Sertifikasi ISO menjadi kunci bagi bisnis yang beroperasi di pasar internasional, memastikan bahwa produk dan layanan mereka memenuhi standar kualitas dan keamanan global yang diakui. 

Salah satu standar ISO terkini, ISO 9000:2008, mencakup seluruh aspek manajemen mutu, mulai dari konsep hingga pengiriman, termasuk proses, kebijakan, produk, layanan, dan sistem.

Alasan Perusahaan Miliki Sertifikat ISO

1) Standardisasi

Tujuan standardisasi adalah untuk menyederhanakan produksi, memastikan konsistensi dan keamanan produk, serta mendorong kolaborasi dan kompatibilitas global. 

Ini membawa manfaat teknologi, ekonomi, dan sosial yang signifikan bagi perusahaan dan masyarakat pada umumnya.

2) Memenuhi kebutuhan pelanggan

Alasan ini perlu diperhatikan dengan hati-hati. Banyak perusahaan mencari sertifikasi international organisation for standardization sebagai tanggapan terhadap permintaan pelanggan atau sebagai syarat untuk berbisnis. 

Meskipun penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, penting juga untuk menjalankan praktik yang berkelanjutan. 

Terlalu fokus pada manfaat langsung dan keuntungan perusahaan tanpa memberikan prioritas pada kepuasan pelanggan dapat berdampak negatif dalam jangka panjang.

3) Meningkatkan kualitas proses dan produk

Penerapan metode standar sesuai dengan sertifikasi ISO merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas, bahkan jika sertifikasi tersebut bukan ISO 9001.

Hasil akhir dari sertifikasi ISO adalah peningkatan kualitas secara menyeluruh dalam perusahaan, termasuk proses dan produk. 

Dengan merancang dan mengimplementasikan sistem manajemen yang efektif, perusahaan dapat mengarahkan diri mereka menuju pencapaian tingkat kualitas yang lebih tinggi.

4) Meningkatkan efisiensi

Sistem manajemen ISO, meskipun tidak sempurna, dapat membantu perusahaan mendekati kesempurnaan. Dengan peningkatan proses yang lebih konsisten, Anda dapat mencapai tujuan secara teratur dan mengurangi pemborosan jika terjadi kesalahan pada proses dan menghasilkan produk dengan kualitas buruk dan inefisiensi. 

Variasi dan tidak konsisten dalam proses dapat mengakibatkan inefisiensi, tetapi dengan mengurangi variasi dan meningkatkan konsistensi, perusahaan dapat menghemat uang dan mengurangi limbah.

5) Mendapatkan pengakuan internasional

Sertifikasi ISO menjadikan perusahaan Anda menjadi bagian dari kelompok elit. Kita semua menyadari bahwa citra perusahaan memiliki peran penting dalam dunia bisnis.

Penutup

Sertifikasi ISO semakin penting dalam ekspansi bisnis ke pasar baru, seperti Indonesia yang memiliki potensi pertumbuhan besar. 

Ini membuka peluang di pasar yang lebih besar dan memberikan keyakinan dalam kualitas produk dan layanan, mengikuti standar internasional yang dijamin oleh sertifikasi ISO.

Untuk meraih manfaat sejati, fokus pada tujuan, rencanakan, gunakan sistem manajemen yang baik, dan nikmati manfaat yang paling relevan bagi bisnis Anda. 


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *