payroll

Sistem Payroll, Cara HRD Bayar Gaji Tepat Waktu

Payroll adalah proses bisnis untuk membayar karyawan, melibatkan pelacakan dan pembayaran kompensasi karyawan selama periode tertentu.  Meskipun gaji adalah hal yang umum bagi banyak orang, pemilik bisnis perlu memahami konsep ini agar dapat memastikan pembayaran yang akurat dan tepat waktu kepada karyawan mereka. Dengan pemahaman yang baik dan investasi yang tepat, pemilik usaha dapat menjalankan proses penggajian dengan efisien.

Apa Itu Payroll?

Payroll adalah sistem pembayaran yang digunakan oleh perusahaan untuk membayar karyawan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Sistem ini mengintegrasikan data yang beragam untuk menghitung gaji dengan cepat, akurat, dan tepat waktu. 

Pada perusahaan besar, penggunaan sistem payroll yang handal menjadi penting untuk menghindari kesalahan penghitungan gaji dan memastikan perhitungan yang akurat untuk setiap komponen gaji karyawan.

4 Manfaat Sistem Payroll Untuk Perusahaan

1. Sistem dapat disesuaikan

Sistem payroll dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, meskipun disediakan oleh pihak ketiga. Ini memungkinkan kelancaran operasional tanpa gangguan dan integrasi dengan manajemen HR yang ada.

2. Data yang terintegrasi

Semua data yang diperlukan untuk perhitungan, seperti data karyawan, absensi, lembur, dan lainnya, terintegrasi dalam satu sistem. Hal ini mempermudah penghitungan secara otomatis.

3. Perhitungan otomatis

Seperti disebut sebelumnya, payroll yang sistematis dapat menghitung gaji secara otomatis dengan akurasi berdasarkan data yang dimasukkan. Bahkan waktu pembayaran gaji bisa diatur sesuai jadwal termasuk pada hari libur.

4. Mengurangi human error

Risiko kesalahan manusia sangat minim karena semua perhitungan dilakukan oleh sistem. Meskipun demikian, pengawasan oleh staf tetap diperlukan untuk mengantisipasi masalah sistem dan tindakan yang tidak benar.

Artikel terkait: Ingin Gunakan Jasa Payroll? Cek Tips Berikut!

Faktor Yang Dapat Memengaruhi Gaji Karyawan

Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki kebijakannya sendiri dalam memberikan tunjangan atau potongan gaji kepada karyawan. Beberapa faktor yang biasanya memengaruhi gaji karyawan setiap bulannya adalah:

  • Absensi: ketidakhadiran tanpa alasan akan mengakibatkan potongan gaji
  • Uang lembur: Jika mendapat jatah lembur, gaji karyawan akan bertambah pada periode tertentu sesuai perhitungan yang berlaku
  • Bonus sesuai target: Karyawan yang mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan akan menerima bonus pada akhir bulan yang akan diakumulasikan dalam sistem payroll
  • Potongan utang atau denda: Jika di perusahaan memiliki sistem pinjaman, akan terdapat potongan pada gaji sesuai kesepakatan yang berlaku
Baca juga: 7 Cara Menjaga Keamanan Data Karyawan

Penutup

Payroll, atau penggajian, adalah aspek vital dalam manajemen sumber daya manusia dan keuangan perusahaan. Ini melibatkan perhitungan dan pendistribusian gaji serta tunjangan karyawan secara teratur. 

Payroll yang efektif adalah kunci untuk memastikan karyawan diberi kompensasi yang sesuai dengan kontribusi mereka dan untuk mematuhi ketentuan hukum terkait pajak dan peraturan ketenagakerjaan. 

Selain itu, proses penggajian yang akurat dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan membantu membangun budaya kerja yang positif. Maka, kebijakan dan sistem yang baik merupakan investasi penting bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *