contoh program people development

5 Contoh Program People Development

People Development bisa jadi kunci dalam program keberlangsungan perusahaan. Kenapa? Karena people development adalah strategi yang berfokus dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia di organisasi.

Intip apa saja yang bisa HR lakukan demi menciptakan program people development yang relevan bagi karyawan dan organisasinya!

Definisi People Development

People development adalah proses di mana HRD membekali karyawannya dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan bisnis.

Istilah tersebut kerap digunakan bersamaan atau bergantian dengan hr development ‘pengembangan SDM’. 

Di satu sisi, hr development atau pengembangan SDM memfokuskan pada inisiatif membantu karyawan untuk bertumbuh di dalam organisasi. 

Sedangkan pada konteks people development, fokus yang diutamakan lebih mengacu untuk menutup skill gap ‘kesenjangan keterampilan’ dalam organisasi.

Ada empat pendekatan holistik di people development, yaitu:

  1. Onboarding karyawan
  2. Training & development
  3. Performance management yang efektif
  4. Karier berkelanjutan

Inisiatif people development krusial bagi kelangsungan organisasi, dan pemimpin perlu menaruh perhatian lebih dalam hal ini.

Berikut beberapa alasan sebagaimana dirangkum oleh AIHR:

  • Memperbaiki skill gaps

Menurut McKinsey, 40% perusahaan tidak dapat menemukan orang dengan kualifikasi yang diperlukan, bahkan untuk pekerjaan tingkat pemula.

  • Menyiapkan best talent

Teknologi dan model kerja baru selalu terlahir, sehingga karyawan harus memiliki keterampilan untuk berkompetisi di lingkungan kerja yang terus berkembang.

  • Memperluas kemampuan organisasi

Tawarkan kesempatan kepada karyawan untuk membangun keterampilan dan kompetensi yang akan memberikan keunggulan bagi organisasi.

  • Mendorong pertumbuhan bisnis

Statistik dari Deloitte menemukan bahwa organisasi dengan budaya belajar yang kuat bisa berkembang jadi:

  • 52% lebih produktif
  • 56% lebih mungkin untuk menjadi yang pertama di pasar dengan produk dan layanan mereka
  • 17% lebih menguntungkan daripada saingan dan rekan bisnis.
  • Talent management yang lebih baik

68% karyawan menganggap pelatihan dan pengembangan sebagai kebijakan organisasi yang paling penting. Menurut survei terbaru dari Better Buys, karyawan yang mendapatkan kesempatan pengembangan profesional memiliki retensi 34% lebih tinggi dan 15% lebih terlibat.

5 Contoh Program People Development

#1 Analisis skill gap

Sangat penting untuk melakukan analisis skill gap yang mendalam. Analisis ini membantu Anda memberikan konten pelatihan yang lebih baik dan lebih relevan, sehingga karyawan dapat mengembangkan keterampilan untuk mendukung pertumbuhan karier mereka.

Hasil akhirnya tentu dapat membuat organisasi Anda kompetitif.

#2 Kesempatan online L&D

Terima kasih pada sistem remote working, kini pelaksanaan L&D secara online pun semakin merebak. 

Misalnya, Anda bisa menyampaikan beberapa atau semua program pengembangan karyawan melalui LMS berbasis cloud yang aman, yang memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi semua orang di tim Anda.

#3 Upskilling atau reskilling

Upskilling dan reskilling merupakan strategi hemat biaya untuk mempertahankan tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas tanpa harus mencari talenta dari luar.

Dengan menggunakan salah satunya, Anda akan berada di posisi yang lebih baik untuk mencapai target pendapatan, mengidentifikasi anggota tim yang memiliki potensi kepemimpinan yang kuat, atau keahlian lain yang belum dimanfaatkan. 

Selain itu bisa juga memenuhi tuntutan pekerja dan pencari kerja yang terus meningkat akan peluang pengembangan karier.

#4 Mentorship programs

Mentorship membantu karyawan menemukan dan mengembangkan keterampilan yang berharga, serta menjalin hubungan yang lebih kuat dan lebih positif yang menjadi dasar bagi budaya belajar sekaligus meningkatkan kepuasan kerja.

Itulah mengapa mentorshio diterapkan di hampir tiga perempat (70%) dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

#5 Peer coaching

Seperti halnya program bimbingan, pelatihan rekan kerja memungkinkan pembelajaran informal dan sosial berkembang. 

Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh karyawan (55 persen) lebih sering berkonsultasi dengan rekan-rekan mereka dibandingkan dengan manajer mereka untuk mendapatkan bantuan atau wawasan.

Penutup

Selain informasi di atas, penting juga untuk menerapkan best practice ke dalam program people development yang ingin Anda jalankan.

Mengutip Work Ramp, tiga poin di bawah bisa jadi kunci keberhasilan program people development:

  • Identifikasi apakah karyawan-karyawan Anda memiliki bakat tersembunyi
  • Fokus pada strengths dari karyawan, bukan weaknesses
  • Tanya karyawan, peran apa yang mereka nikmati sejauh ini, dan di masa depan

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *