Peran penting sales marketing bagi bisnis HRPods

6 Peran Penting Sales Marketing Bagi Bisnis

Salah satu peran penting sales marketing bagi bisnis adalah menyeimbangkan kebutuhan tim penjualan dan pemasaran. Namun, yang menjadi tantangan justru kedua tim memiliki strategi berbeda sehingga berpengaruh terhadap kebutuhan mereka. 

Jika keduanya tidak mampu menyelaraskan strategi bisnis, maka mereka akan menghadapi kesulitan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam kondisi ini, perusahaan memerlukan keselarasan antara tim sales dan tim marketing untuk mengoptimalkan kinerja tim, termasuk menjelajahi pasar baru serta menerapkan cara inovatif guna memperluas jangkauan bisnis. 

Di beberapa perusahaan, keduanya digabung menjadi satu divisi. Namun, tak jarang keduanya berbeda divisi. Berikut ini wawasan tentang peran penting sales marketing bagi bisnis. 

5 Kesalahpahaman Tentang Divisi Sales Marketing 

Bidang kerja sales dan marketing ialah dua fungsi yang berbeda, tetapi saling berhubungan dalam kegiatan bisnis. Perbedaannya terletak pada tujuan dan metode kerja.

Sales berfokus pada penyelesaian transaksi dan menghasilkan pendapatan. Sedangkan, marketing mencakup serangkaian aktivitas lebih luas untuk menciptakan brand awareness, memperluas jangkauan bisnis, serta membangun hubungan pelanggan. Namun, masih ada kesalahpahaman pelaku bisnis ketika melihat peran divisi sales dan marketing, sehingga menghambat kemajuan perusahaan.

1) Sales dan marketing itu sama

Kedua bidang tersebut saling berkaitan erat, tetapi memiliki fungsi berbeda. Sales berfokus mencapai kesepakatan dan menghasilkan penjualan dan marketing berfokus menciptakan kesadaran jenama serta membina ikatan dengan calon pelanggan dan pelanggan setia. 

2) Marketing hanya beriklan

Ini adalah kesalahpahaman tentang marketing, meskipun periklanan adalah bagian dari pemasaran. Namun, marketing memiliki beragam aktivitas, termasuk riset pasar, branding, pembuatan konten, dan kampanye digital.

3) Sales sangat agresif

Tenaga sales yang efektif mampu memahami kebutuhan pelanggan, termasuk memberikan solusi yang sesuai kondisi mereka. Mereka juga tak akan agresif atau memaksa calon pelanggan, justru mereka memberikan konsultasi tentang produk atau jasa perusahaan. 

4) Marketing bukan penghasil pendapatan

Ini adalah pandangan salah yang ditujukan ke tim marketing. Memang, marketing tidak mendatangkan pendapatan secara langsung, tetapi mereka menghasilkan leads, membangun branding awareness, hingga mendorong keterlibatan pelanggan. Tentu, upaya tersebut berkontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan. 

5) Sales dan marketing berjalan masing-masing

Kedua tim harus berkolaborasi dalam strategi untuk mencapai keselarasan tujuan serta berbagi wawasan bisnis, sehingga mereka tidak bisa berjalan masing-masing. Bila kesalahpahaman di atas dihilangkan, maka perusahaan dapat menjalankan strategi yang lebih efektif. 

Artikel terkait: Mengenal Peran Penting Area Sales Manager Dalam Bisnis

6 Peran Penting Sales Marketing Bagi Bisnis

#1 Menetapkan tujuan penjualan

Salah satu tanggung jawab tim sales marketing adalah menetapkan tujuan penjualan yang realistis, baik harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Angka penjualan terdahulu dan proyeksi yang ditetapkan digunakan untuk menciptakan target selanjutnya.

#2 Menentukan produk dan harga

Tim sales marketing berperan untuk menentukan produk dan harga pada katalog atau display di gerai maupun media sosial, termasuk perubahan atau pengenalan produk baru. Penentuan tersebut akan melihat angka penjualan, riset produk, umpan balik pelanggan, hingga tren.

#3 Berkomunikasi dengan pelanggan

Peran tim sales marketing yang tak kalah penting adalah berkomunikasi dengan pelanggan secara rutin. Mereka perlu menjangkau pelanggan melalui bertemu dengan pelanggan secara tatap muka, mengirimkan survei pelanggan, meminta ulasan produk, serta membaca kritik dari pelanggan. Dengan cara tersebut, Anda dapat menilai keinginan dan kebutuhan mereka sehingga memberikan wawasan penting kepada tim Anda untuk meningkatkan upaya penjualan.

#4 Lihat tren dan pesaing

Tim sales marketing perlu melihat tren–media sosial dan lingkungan sekitar–dan mengecek apa yang dilakukan oleh pesaing, seperti produk paling laris, harga khusus, hingga program marketing lain. Wawasan ini dapat membangun strategi dan rencana yang efektif selanjutnya.

Baca pula: 10 Keterampilan Sales Manager Yang Perlu Diketahui HR

#5 Perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran

Ini bukan tanggung jawab tim marketing saja, tetapi tim sales juga berperan dalam mempersiapkan materinya. Penetapan strategi ini sejalan dengan brand awareness dan positioning. Misalnya, strategi marketing di media sosial, SEM, SEO, hingga TV. 

#6 Berkolaborasi dengan tim lain

Tim sales marketing perlu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan tim atau divisi lain. Langkah ini untuk menjalin hubungan profesional secara transparan sehingga meningkatkan produktivitas kerja. 

Loading

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *