Skill bahasa asing HRPods

Apa Skill Bahasa Asing Diperlukan Oleh Bisnis?

Apa skill bahasa asing oleh diperlukan bisnis? Jawabannya adalah YA. 

Di dunia global dan saling terhubung ini, keterampilan bahasa asing tidak dapat disepelekan oleh pencari kerja. Keterampilan teknis sesuai pekerjaan pun tidaklah cukup. Anda perlu menginvestasikan waktu untuk mempelajari bahasa asing agar memperluas peluang karier di masa mendatang. 

Bahkan skill bahasa asing memungkinkan Anda memasuki industri lain yang tak pernah terpikir sebelumnya serta mengasah kepekaan budaya. Apakah Anda siap melebarkan sayap karier?

Skill Bahasa Asing

Penelitian menunjukkan, sekitar 17 persen penduduk Amerika Serikat yang bisa berbahasa asing. Sedangkan, di Eropa, terdapat 54 persen penduduk yang menguasai bahasa asing. Pengamat menduga kendala bahasa menciptakan kesenjangan komunikasi dengan negara lain yang membatasi peluang bisnis.

Dari penelitian di atas, Anda dapat menafsirkan bahwa penguasaan bahasa asing adalah hal penting saat ini, termasuk di dunia kerja. Bagi pekerja, skill bahasa asing dapat membuka memperluas kesempatan kerja sehingga mereka bisa melakukan kegiatan bisnis dengan pihak lain yang berada di luar negeri. 

Selain itu, mendalami bahasa asing tak sekadar mahir dalam hal linguistik atau menguasai bahasa tersebut. Ketika seseorang mengembangkan skill bahasa asing melalui tata bahasa dan kosa kata, ia juga berkesempatan meningkatkan kemampuan kognitif, problem solving, dan kreativitas. Kemampuan tersebut dapat digunakan dalam lingkungan kerja yang dinamis, sehingga ia mampu beradaptasi dengan perubahan serta memiliki beragam perspektif. 

Dengan mempelajari bahasa asing, Anda memperoleh wawasan tentang tradisi, adat istiadat, dan nilai komunitas yang terkait dengan bahasa tersebut. Kesadaran budaya ini diperlukan di tempat kerja yang mengusung keberagaman dan inklusi.

artikel rekomendasi: Praktik Memberikan Learning And Development Kepada Karyawan

Apa Skill Bahasa Asing Diperlukan Oleh Bisnis?

Ya, skill ini sangat diperlukan oleh organisasi di mana pun, tak peduli industri dan perannya. 

Bisnis membutuhkan karyawan yang memahami berbagai bahasa, karena semakin banyak orang yang dapat diajak berkomunikasi oleh mereka akan semakin banyak produk atau layanan yang dapat terjual. Upaya tersebut mengarahkan perusahaan kepada keuntungan. 

Jadi, tidak diragukan lagi bagi Anda yang menguasai berbagai bahasa asing berpeluang besar untuk dilirik oleh lebih banyak perusahaan. Berikut beberapa industri yang membutuhkan karyawan multibahasa, antara lain keuangan, IT, sales and marketing, hospitality, serta transportasi dan logistik. 

Baca juga: Andika Rajasa: Pemimpin Perlu Memberikan Kesempatan Kepada Timnya

Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Bahasa Asing

Survei yang dilakukan oleh American Council on the Teaching of Foreign Languages (ACTFL) ​​menemukan 90% bisnis di AS membutuhkan staf yang mampu berbicara lebih dari sekadar bahasa Inggris. 

Tak hanya di AS, Satu dari empat bisnis di Inggris memerlukan karyawan yang terampil berbahasa asing di masa depan. Dengan perbandingan sama, pekerjaan di Eropa memerlukan keterampilan bahasa tingkat lanjut. 

Adapun pekerjaan yang membutuhkan skill bahasa asing, antara lain: 

1) Software developer

Tak sedikit perusahaan software yang beroperasi pada satu negara. Terkadang, mereka memiliki software developer di berbagai negara untuk memperluas jangkauan pasar. Untuk menangkap peluang ini, pencari kerja dapat mengasah keterampilan berbahasa asing–minimal bahasa Inggris–guna mendukung pekerjaannya, seperti berkoordinasi dengan rekan setim di negara lain, mengelola pekerjaan dengan beragam versi bahasa, dan berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai negara. 

2) Video game tester

Seperti software, perusahaan video game pun menjadikan skill bahasa asing sebagai suatu aset. Bagi video game tester, skill ini berguna untuk menerjemahkan skrip dan konten gim agar bisa dijual di pasar luar negeri.

Beberapa tugas video game tester adalah bermain gim untuk menemukan kesalahan dan mendokumentasikannya sehingga masalah dapat diperbaiki oleh developer, menggunakan gim mungkin tidak terpikirkan oleh developer saat membuatnya, dan menentukan area mana yang tidak konsisten atau tidak seimbang.

Artikel selanjutnya: 5 Kiat Menjadi HR Di Perusahaan Teknologi

3) Marketing manager

Ketika perusahaan multinasional meluncurkan marketing campaign untuk produk atau jasa, mereka memerlukan berpikir secara global agar sukses di pasar. Peran marketing manager adalah membuat kampanye yang menarik konsumen dari budaya lain, berkomunikasi dengan karyawan dari negara lain, dan menerjemahkan dokumen pemasaran.

4) Recruitment consultant

Bagi recruitment consultant atau recruiter, menguasai bahasa asing adalah kewajiban karena mereka membantu organisasi memenuhi kebutuhan karyawan, mencari dan menilai kandidat, serta mengevaluasi kefasihan bahasa kandidat dari dalam dan luar negeri diperlukan untuk suatu posisi. 

Bila perusahaan Anda tidak memiliki waktu untuk merekrut kandidat dengan kemampuan bahasa asing mumpuni, gunakan jasa recruitment agency berkompeten dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *