Amrullah Tahad/Dok. Pribadi/HRPods

ALAMI Terapkan 4 Hari Kerja Dan Work-Life Balance

ALAMI, perusahaan fintech peer-to-peer lending syariah yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berani menerapkan empat hari kerja.

Penerapan tersebut mendukung work-life balance bagi squad, sebutan perusahaan bagi karyawannya. Langkah ini hampir tidak mungkin diterapkan oleh fintech lain.

Salah satu yang berperan dalan penerapan empat hari kerja adalah tim People And Culture. Chief Culture Officer ALAMI Amrullah Tahad menceritakan proses tersebut pada Senin (27/012/2021) melalui korespondensi.

Empat Hari Kerja Dukung Employee Wellbeing

Di ALAMI Group, kami berupaya terbaik untuk memastikan setiap squad bisa belajar dan bertumbuh menemukan versi terbaik dari potensinya.

Sejalan dengan ikhtiar tersebut, ALAMI meluncurkan tema besar yakni #ALAMISisiTerbaikmu. Hal tersebut bermakna bahwa squad ALAMI dapat menjalani versi terbaik dalam setiap peran dalam kehidupan mereka.

Kami pun mempunyai empat hari kerja atau dikenal dengan #Bye5. Ini menjadi salah satu agenda untuk squad agar bisa menyelaraskan kehidupan personal dan profesional.

Kami menjalankan #Bye5 yang bertujuan untuk:

  • Memberikan waktu ibadah yang cukup terutama pada Jumat yang merupakan hari mulia bagi umat Muslim
  • Memberikan waktu lebih banyak bagi squad bersama orang tua dan keluarga terdekat
  • Memberikan waktu kepada squad untuk pause and reflect, sehingga mereka dapat belajar dan bersilaturahmi dengan sahabat termasuk melakukan kegiatan sosial bermanfaat serta memiliki keseimbangan antara kehidupan personal (termasuk ibadah dan keluarga) dan profesional

Harvard Business Review mengulas bahwa waktu kerja lebih pendek dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Jadi, ALAMI mencoba untuk mengimplementasikan empat hari kerja dalam rangka meningkatkan employee wellbeing. Kami berharap squad bisa mengoptimalkan kinerjanya berdasarkan peran masing-masing.

Meski menganut empat hari kerja, kami tetap memperbolehkan squad untuk mengajukan cuti sesuai keperluannya. Misalnya, squad perempuan boleh istirahat ketika datang bulan maupun cuti hamil dan squad laki-laki dapat mengajukan cuti sesuai ketentuan.

Mekanisme Dan Kegiatan Kerja

ALAMI HRPods

Hari kerja di ALAMI berlangsung Senin hingga Kamis dengan jam kerja sesuai ketentuan. Delapan jam kerja dan satu jam istirahat. Untuk urusan pekerjaan, kami lebih fokus ke proses dan hasil dibandingkan memperhatikan jam kerja.

Kegiatan sehari-hari kami meliputi:

  • Doa setiap pagi dan sore, masing-masing pukul 08.30 dan 17.30
  • Kegiatan 4T (tahsin, tadarus, tafsir, dan tahfidz) untuk memfasilitasi squad belajar Al-Quran
  • Tahsin setiap pagi pada Senin dan Rabu
  • Tadarus setiap pagi pada Selasa & Kamis
  • Tafsir setiap sore pada Senin
  • Tahfidz setiap sore pada Selasa sampai Kamis
  • Memfasilitasi sharing session setiap Kamis sore atau Jumat pagi dengan mengundang narasumber dari ALAMI maupun pihak lain

Sharing session yang kami jalankan bisa berbagai tema, ada yang berhubungan dengan pekerjaan dan ada juga kajian keagamaan.

Kami pernah mengadakan sesi bersama Rene Suhardono bertema Why Work?, Ustaz Faris Bq membicarakan sesi The Concept, Barakah Culture vs Hustle Culture dari Productive Muslim, dan Seven Core Values of ALAMI dari ALAMI Culture Champion.

Kami tidak ingin mengeksploitasi waktu squad. Lagi-lagi, kami ingin mendukung mereka untuk menjadi versi terbaik dalam kehidupannya.

Dampak Positif Empat Hari Kerja

Sejak mengimplementasikan empat hari kerja pada Oktober 2021, business result perusahaan mencapai lebih dari 150 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan sebelum #Bye5.

Talent attractiveness, dalam hal jumlah pelamar, meningkat lebih dari 650% persen dan wellbeing index rate dari satu hingga enam, kami berada di angka 4.8.

Fokus penerapan #Bye5 dan beberapa inisiatif lainnya adalah bagian dari People Management yang lebih humanis dan bagian dari Barakah Culture yang menjadi fondasi pertumbuhan ALAMI Group.

Perusahaan juga menginisiasi #GrowEverywhere yang dapat bekerja remote dari mana saja serta Birrulwalidain Allowance.

Birrulwalidain Allowance merupakan allowance untuk seluruh squad yang dapat mereka berikan kepada orang tua. Ini termasuk inisiatif untuk mengaktivasi nilai bekerja, mendorong self-directed, dan memberikan manfaat lebih luas untuk keluarga dan masyarakat.

Birrulwalidain Allowance wajib disampaikan kepada orang tua masing-masing.

Kenapa? Karena allowance ini sebagai wujud ucapan terima kasih perusahaan kepada orang tua yang telah mengijinkan putra-putri mereka berkarya untuk umat melalui ALAMI.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *